Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Soto Nusa, Soto Bangsa, Soto Tauco

11 September 2021   18:46 Diperbarui: 11 September 2021   18:47 166 8 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Soto Nusa, Soto Bangsa, Soto Tauco
Dok. Warta Tegal.

Soto nusa soto bangsa soto makanan kita,  siapa yang tidak mengenal soto sebagai salah satu kuliner khas nusantara. Pastilah kita mengenal Soto atau Coto Makassar, Soto Betawi, Soto Madura, Soto Sulung, Soto Lamongan, Soto Kudus,  Soto Tauco dan masih banyak lagi jenisnya dari daerah lain. 

Mungkin kebanyakan orang ketika menyebut Soto Tauco konotasinya langsung tertuju ke satu daerah di Jawa Barat yaitu Cianjur. Tebakan itu ternyata salah karena Soto Tauco atau di Pekalongan menyebutnya Tauto berasal dari eks karesidenan Pekalongan.

Beberapa kabupaten di wilayah tersebut seperti Pekalongan, Tegal dan Brebes penghasil kuliner yang satu ini,  bahkan di Kabupaten Tegal ada satu brand terkenal untuk jenis makanan ini yaitu Soto Sedap Malam. 

Dok. Warta Tegal
Dok. Warta Tegal

Dari beberapa soto yang ada di nusantara penulis punya soto favorit yaitu Soto Tauco maklum penulis sendiri berasal dari Brebes. Sangat istimewa rasanya karena ada Tauco yang terbuat dari kedelai hitam, ampas hasil fermentasi  pembuatan kecap. 

Rasanya dan bau yang khas  membuat soto ini berbeda dengan soto-soto lainnya di nusantara ini.  Buat teman-teman yang penasaran rasanya nih resepnya:

Bahan :

  1. Dada ayam. daging atau babat,
  2. Sediakan 1 ikat soun / soun,
  3. Siapkan 1 bungkus tauge,
  4. Ambil Daun bawang, seledri, 
  5. Tomat,
  6. Bawang goreng,
  7. Tauco.
  8. Kecap. 
  9. Usus goreng (untuk kriuk) 

Bumbu :

  1. Bawang merah, bawang putih, kemiri dan merica diuleg halus, 
  2. Cabe direbus dan uleg untuk sambel, 
  3. Kayu manis
  4. Lengkuas & jahe geprek
  5. Sereh
  6. Daun salam
  7. Irisan  Bawang merah & putih. 
  8. Siapkan Gula jawa, garam. 
  9. Siapkan bumbu kuah
  10. Ambil Kaldu ayam.

Proses pembuatan :

Rebus air menggunakan panci untuk kuah sambil merebus ayam atau daging sambil untuk kaldu. Campurkan dalam rebusan air lengkuas dan jahe geprek, salam, kayu manis dan sereh. Goreng irisan bawang merah dan putih lalu campurkan ke rebusan air. 

Ambil minyak goreng untuk menggoreng bawang merah dan putih lalu campurkan tauco dan gula merah serta sedikit asam. Agar tidak terlalu dan gosong campurkan air tetapi jangan terlalu encer. 

Saran Penyajian :

Siapkan mangkok isi dengan tauge yang sudah dijerang air ditambah soun. Lalu tambahkan daging, ayam atau babat, tomat,  daun bawang atau seledri. Kasih toping dengan tauco , sambal sesuai selera, kecap dan kriuk,  siram dengan kuah dan bawang goreng,  soto siap disajikan. Catatan untuk nasi bisa dicampur dan dipisah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan