Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kami Rindu Perayaan Agustusan

2 Agustus 2021   15:49 Diperbarui: 2 Agustus 2021   15:53 104 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kami Rindu Perayaan Agustusan
Dok.Pixabay

Setiap memasuki bulan Agustus semua warga negara Indonesia muncul semangat patriotisme. Dengan berbagai cara mereka ekspresikan dengan wujud cara mereka sendiri. Dengan suka cita mereka menghias kampung dengan atribut-atribut khas kemerdekaan merah putih, pasang bendera, membuat gapura, lampu hias dan pernak-pernik lainnya. Disamping itu juga diadakan lomba dan hiburan yang unik dan menarik serta menumbuhkan rasa cinta air. Lomba khas Agustusan seperti Panjat Pinang, Balap Karung, Pentung Pendil, Lomba antar kampung, Rias Tumpeng dan masih banyak lagi yang menunjukan potensi lokal. Permainan dan olahraga sangat mendominasi sehingga loba gerak jalan dan drumband sangat identik sekali di bulan Agustus. Dan yang paling ditunggu-tunggu masyarakat sebagai puncak kemeriahan Hari Kemerdekaan adalah pawai pembangunan atau karnaval. Tetapi sudah dua tahun ini sudah tidak kami rayakan lagi, kami sangat merindukan perayaan Agustusan.

Dok.Bid.Kebudayaan Brebes              
            googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});
Dok.Bid.Kebudayaan Brebes googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});

Agustus bukan saja sebagai bulan kemerdekaan bangsa ini tetapi sudah merupakan pesta rakyat terbesar dan juga hari raya kedua bagi sebagian masyarakat kita yang hidup di perantauan. Mereka mengagendakan pulang kampung sekedar untuk merayakan hari jadi bangsa ini. Mereka mengadakan lomba dan panggung hiburan membaur kebahagiaan bersama masyarakat. Berbagai lomba yang menarik dan menghibur seperti panjat pinang dan tarik tambang tapi dengan hadiah yang besar. Bahkan untuk panggung hiburan tak segan-segan mengundang group musik ternama atau penyanyi terkenal sekedar untuk berbagi dengan masyarakat di kampung halamannya.

Dok.Pixabay
Dok.Pixabay

Tahun ini (mungkin) kami harus gagal lagi menyaksikan perayaan Agustusan lagi. Tetapi kami selalu berharap bisa merayakan walau tidak seperti tahun-tahun sebelum pandemi. Dan seandainya tahun ini gagal lagi kami akan merayakannya dengan cara berbeda seperti memberikan edukasi kemasyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat, memperbaiki lingkungan kampung dan yang berkaitan dengan pola hidup masyarakat sehat.

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x