Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Deswita Mangrove Pandansari Menerapkan Cashless Dalam Penjualan Paket Wisata

18 Juni 2021   23:07 Diperbarui: 18 Juni 2021   23:08 395
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dunia digital sudah merambah dalam berbagai sektor kehidupan kita termasuk dalam sistem perekonomian. 

Pandemi covid-19 merubah tatanan kehidupan kita, sektor pariwisata mengalami hal yang buruk. Menggunakan masker dan jaga jarak diterapkan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus. Hal yang dilakukan di sektor pariwisata salah satunya dengan merubah sistem pembayaran. 

Transaksi non tunai atau cashless menjadi trend untuk menghindari kontak langsung seperti yang dilakukan Deswita Mangrove Pandansari dan ini yang pertama di Kabupaten Brebes. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Bank Indonesia (BI)  Tegal dengan menunjuk Bank Mandiri untuk memfasilitasi perubahan sistem pembayaran dari tunai ke non tunai. 

Perubahan ini tidak serta merta meniadakan transaksi tunai tetapi memfasilitasi transaksi pengunjung milineal dan pengunjung dalam jumlah besar. Sekaligus ini sebagai persiapan Deswita Mangrove Pandansari dan wisata Brebes go nasional. 

Karena Deswita Mangrove Pandansari juga sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata Bahari dan Mangrove Centre Of Exellenth oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Cashless atau QRIS merupakan transaksi non tunai yang kini menjadi trend dan memudahkan dalam bertransaksi.  Banyak manfaat yang didapat dari pengguna aplikasi ini. 

Dengan menggunakan tiga sumber sebagai dasar transaksi yaitu menggunakan  saldo pulsa yang kita miliki,  ATM yang kita miliki atau uang digital seperti go pay dan sebagainya. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dengan diterapkan sistem ini diharapkan penyebaran virus covid bisa ditekan, mempermudah transaksi, memperluas pasar wisatawan juga pengontrolan. Selain itu juga diterapkan di warung-warung dan pusat oleh-oleh yang berada di areal wisata tersebut. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun