Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Merawat Baju Kesayangan Agar Awet

11 Juni 2021   21:22 Diperbarui: 11 Juni 2021   21:35 108 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merawat Baju Kesayangan Agar Awet
Dok. Pixabay

Seringkali kita kesal melihat baju kesayangan kita rusak karena kesalahan sewaktu mencuci atau menggosok. Kerusakan yang sering terjadi sewaktu mencuci paling banyak adalah kelunturan warna, sobek, bladus dan kancing lepas. Tentu hal ini membuat kita kehilangan baju yang kita sayangi. Karena walaupun baju kita banyak tetapi kita punya baju favorit. 

Bagaimana upaya kita untuk menjaga dan merawat baju kita agar awet. Dibutuhkan tindakan dan trik yang harus kita lakukan. Tindakan apa saja sih yang harus kita lakukan dari sebelum mencuci baju sampai baju kering sehabis dijemur. 

Dok. Pixabay
Dok. Pixabay
1. Pemisahan,

Yang harus kita lakukan sebelum mencuci adalah pemisahan jenis-jenis baju. Kita harus pisahkan baju,  celana, berwarna, batik dan dalaman. Tujuannya agar bisa memperlakukan baju tersebut sesuai dengan kriteria bahan. Baju berbahan batik biasanya berbahan mudah luntur sehingga harus dipisah sehingga nanti tidak mengotori baju yang lain. Begitu juga baju berwarna putih diperlakukan khusus begitu juga baju anak-anak.

2. Pemakaian Detergen. 

Pemakaian detergen harus kita perhatikan karena tidak semua detergen sesuai dengan jenis kain. Seperti kain batik tidak bisa menggunakan detergen biasa. Begitu juga pemakaian detergen yang berlebihan juga dapat merusak baju karena akan lama membilasnya yang mengakibatkan warna akan memudar. 

3. Mesin cuci. 

Masyarakat modern lebih suka menggunakan mesin cuci karena praktis. Namun ada juga kekurangan seperti kotoran di leher atau ujung celana. Nah sebelum dimasukan kedalam mesin cuci sebaiknya dibersihkan secara manual. Mesin cuci hanya membantu untuk menggilas baju jangan dipercayakan 100%. Begitu juga untuk yang suka jeans jangan menggunakan sikat untuk membersihkan kotoran karena akan membuatnya cepat bladus. 

4. Menjemur. 

Menjemur baju menjadi yang penting, karena ini merupakan proses akhir dari mencuci. Kadang kita mengeluh kalau hujan terus menerus karena jemuran nggak kering-kering. Tidak semua cucian membutuhkan sinar matahari langsung ada juga tempat teduh. Kita harus tahu dan memperhatikan karakteristik dari bahan cucian kita

5. Pasca Menjemur

Perlakuan kita untuk baju kering berpengaruh juga pada kualitas dari pakaian kita. Sebaiknya baju yang habis dijemur langsung kita lipat walau tidak disertika. Mengapa harus begitu? Karena ketika baju selesai dijemur baunya masih harum, hangat dan salur bajunya lurus sehingga tidak kusut. Pewangi pakaian yang yang digunakan pun akan awet wanginya dan tidak kusut. 

6. Sertika. 

Sebaiknya baju memang harus disertika, selain rapi juga menambah percaya diri sipemakai. Namun kita juga harus ingat ketika menyertika sesuaikan panasnya dengan jenis kain. Simpan baju yang setelah selesai disertika sesuaikan dengan urutan agar baju yang lama dipakai terlebih dahulu. Berikan pengharum lemari agar kecoa atau ngengat tidak masuk lemari dan juga memberi harum pada baju

Dok. Pixabay
Dok. Pixabay
Semoga tips sederhana ini bisa menjadi referensi untuk anda dirumah. Tidak berat sebenarnya karena setiap hari kita lakukan. Untuk baju yang memerlukan perlakuan khusus sebaiknya gunakan jasa laundry. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng |)

VIDEO PILIHAN