Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Tugu Perbatasan Tak Sekadar Tapal Batas

3 April 2020   22:58 Diperbarui: 3 April 2020   23:14 25 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tugu Perbatasan Tak Sekadar Tapal Batas
Dok. Pribadi : Tugu Kujang

Perbatasan adalah garis khayalan yang memisahkan dua atau lebih wilayah politik atau yurisdiksi seperti negara, negara bagian atau wilayah subnasional yang ditandai dengan tapal batas.  Tugu perbatasan dibuat sebagai batas wilayah baik antar negara,  propinsi, kabupaten atau yang lebih kecil. 

Tugu perbatasan dibuat dengan disain yang unik dan menarik yang mencirikan daerah tersebut atau sekedar bangunan megah tanpa makna simbolis.  Sebagai contoh tugu perbatasan Jabar - Jateng di Cibimbing, Kuningan ditandai dengan Tugu Kujang. Atau tugu perbatasan Jabar - Jateng di Losari ditandai dengan Joglo,  Bawang Merah dan Telor Asin sebagai ciri khas Brebes. 

Dok. Pribadi: Perbatasan Tegal Pemalang
Dok. Pribadi: Perbatasan Tegal Pemalang
Tugu perbatasan biassnya dibuat sedemikian indah terutama yang berbatassn langsung dengan kota,  beda jika tugu perbatasan ada di hutan atau wilayah tak berpenghuni. Selain sebagai tapal batas dan ucapan selamat datang, tugu ini menjadi daya tarik pengguna jalan untuk mengabadikan momen. Disain yang unik dan instagramable menarik orang untuk mendatanginya,  sehingga tugu perbatasan laksana lokasi swafoto. 

Ada kebanggaan bisa berfoto di tugu tapal batas,  karena tidak semuanya berada dipusat keramaian. Apalagi jika tugu perbatasan itu menjadi landmark kota tersebut. Maka banyak pemerintah daerah propinsi atau kabupaten membuat tugu perbatasan seindah dan semenarik mungkin sebagai identitas wilayahnya.  (KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng). 

VIDEO PILIHAN