Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Menikmati Soto Kang Aman di Pojok Perempatan Sitanggal

30 Maret 2020   18:20 Diperbarui: 30 Maret 2020   18:20 16 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Soto Kang Aman di Pojok Perempatan Sitanggal
Dok. Pribadi : Soto Kang Aman

Siang terik selepas perjalanan jauh aku terhenti di lampu merah perempatan Sitanggal.  Mata ku tertuju pada gerobak yang tertulis sedia soto dan mie ayam.  Klop,  motorku kubelokan parkir sejenak,  menunda perjalananku yang masih setengah hari. 

Laki-laki dengan perawakan kecil menyambutku ramah sambil menawarkan soto dan mie ayam.  Aku pilih soto karena bagiku mie ayam sudah biasa.  Aku menunggu sambil melihat mobil yang lalu lalang dijalanan, dan kulihat tukang becak yang tertidur menunggu penumpang. 

Dok. Pribadi : Soto Tauco bakso
Dok. Pribadi : Soto Tauco bakso
Semangkok soto tauco dengan toping bakso dan tetelan sesuai pesanan sudah siap tersaji. Bau tauco yang khas sudah menggoda selera makanku.  Soto Brebes hampir sama dengan Tauto Pekalongan, tauge,  sohun,  kocai,  ayam atau babad,  kecap dan sambel.  Rasanya khas dan pas,  apalagi terik seperti siang ini,  sangat cocok. 

Dok. Pribadi : Soto Kang Aman
Dok. Pribadi : Soto Kang Aman
Soto Brebes memang beda dengan soto Sokaraja,  Soto Sulung apalagi Soto Betawi. Yang membedakan kuah dan tauco,  hasil fermentasi kedelai.  Bagi yang tidak biasa mungkin rasanya tidak familiar,  tapi bagi kita sangat nikmat karena ini uniknya soto tauco. 

Selain soto kita bisa menikmati mie ayam, gorengan  kaya tempe,  tahu,  bakwan,  tlember dan pisang.  Minuman juga tersedia dari es teh sampai minuman kemasan.  Alhamdulillah tanpa terasa satu mangkok soto plus nasi dan segelas es teh sudah menjadi menu makan siangku. (KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng). 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x