Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Golet jeneng disit mengko jenang teka dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Banyak yang Bisa Dikerjakan Ketika Sepi Job

27 Maret 2020   00:53 Diperbarui: 27 Maret 2020   01:03 15 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Banyak yang Bisa Dikerjakan Ketika Sepi Job
Dok. Pribadi

Sektor pariwisata yang paling terpukul dengan merebaknya pandemi covid-19. Daya Tarik Wisata,  Hotel,  Restoran,  Transportasi, Biro Perjalanan semua kena imbasnya termasuk pemandu wisata.  Banyak trip yang itangguhkan bahkan dibatalkan.  Hal ini berimbas pada aktivitas sehari-harinya dan juga ekonominya. 

Banyak teman-teman yang banting setir nyari usaha lain,  karena belum ada kepastian pemulihan di sektor pariwisata. Yang sangat merasakan adalah mereka yang menggantungkan hidupnya sebagai pemandu wisata.  

Mau ke tempat wisata pada tutup, akhirnya ada yang ngojek,  berdagang atau membantu usaha istri.  Beda dengan pemandu wisata yang hanya sampingan,  mereka masih punya pekerjaan tetap. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Untuk mengisi waktu yang luang akibat sepi job,  kami mencoba mengajak teman-teman untuk sinau bareng. Sinau kepemanduan bareng teman-teman berkaitan dengan SOP Pemandu Wisata,  Public Speaking, Management Complain dan Ice Breaking. 

Sengaja kami lakukan untuk meningkatkan kemampuan,  mengasah ketrampilan dan silaturahmi. Juga berbagi informasi mengenai pekerjaan dan juga pengetahuan tentang covid-19, karena kami salah satu yang rentan terkena virus karena pekerjaan.(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng) 

VIDEO PILIHAN