Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Seorang Guru Muda, ASN, lulusan Universitas Mulawarman tahun 2020, Pendidikan, Biografi, sepakbola, E-sport, Teknologi, Politik, dan sejarah Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Memperbaiki Attitude Melalui Sikap-sikap Sederhana dalam Kehidupan Sehari-Hari

21 November 2022   08:10 Diperbarui: 25 November 2022   05:54 509
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi nilai kebaikan (Sumber: Pressfoto via kids.grid.id)

Jika kita ditanya, seberapa pentingkah Adab menurut kamu untuk menjalani kehidupan sehari-hari? Tentu sebagian besar dari kita akan banyak yang menjawab sangat penting, namun sebagian mungkin memilih untuk tak menjawab atau bahkan mengabaikan pertanyaan tersebut dan memilih melalui aktivitas atau kegiatan lainnya. 

Perlu kita ketahui bersama bahwasannya, adab atau attitude merupakan prinsip utama yang harus dipegang sebelum menjalankan kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial. 

Attitude sendiri merupakan suatu sikap yang mengacu pada serangkaian emosi, keyakinan, dan perilaku terhadap berbagai hal. 

Tentu setiap orang memiliki sikap tersendiri dalam menghadapi berbagai hal. Bahkan antara orang satu dengan  yang lain bisa saja memiliki perbedaan sikap ketika dihadapkan pada suatu masalah. 

Hal tersebut terjadi tak lain disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya saja ketika kita yang sudah tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa baik dari sisi usia maupun pemikiran kita secara tidak langsung akan banyak mendapatkan pengalaman hidup yang tentunya akan mempengaruhi cara bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. 

Atas dasar itulah, tak heran jika banyak orang yang memiliki kecenderungan sikap serta pola pikir yang berbeda-beda yang tidak bisa disamakan. 

Selain faktor pengalaman, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi sikap atau attitude seseorang seperti faktor sosial, pembawaan diri, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, kualitas interaksi, hingga pengamatan. 

Dalam ranah ilmu psikologi, attitude adalah sikap yang mengacu pada serangkaian emosi, keyakinan, dan perilaku terhadap objek, orang, benda, atau peristiwa tertentu. Sikap yang terbentuk dalam diri seseorang merupakan hasil dari pengalaman atau proses pendidikan yang didapatkan dan diimplementasikan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari atau juga sebaliknya. 

Menjadi pribadi atau seseorang yang masih berusia muda atau bahkan berusia sekolah, tantangan dalam menjaga muruah atau karakter baik diri merupakan tantangan tersendiri. Mulai dari adab kepada orang tua, guru, hingga teman menjadi sebuah tuntutan serta tuntunan yang harus dipegang dalam kehidupan sehari-hari. 

Lalu, apa sikap-sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita lakukan agar meningkatkan kualitas attitude?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun