Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Seorang Guru Muda, ASN, lulusan Universitas Mulawarman tahun 2020, Pendidikan, Biografi, sepakbola, E-sport, Teknologi, Politik, dan sejarah Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Drawing Neraka dan Final Kepagian Khas Liga Champions 2022/2023

8 November 2022   11:05 Diperbarui: 8 November 2022   11:16 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(https://www.jatimnetwork.com/olahraga/pr-435494931/sudah-keluar-ini-bagan-drawing-ucl-2022-lengkap-babak-16-besar-liverpool-vs-real-madrid)

Hasil undian 16 besar kompetisi Liga Champions Eropa resmi dirilis, ada beberapa hasil undian laga yang justru mengejutkan banyak pengamat dan pecinta sepakbola seluruh dunia. Seperti sama-sama kita ketahui, aturan dalam drawing Liga Champions musim ini masih menggunakan aturan yang sama seperti musim lalu. Yakni hanya ada dua tim yang saling bertemu di babak 16 besar serta berasal dari dua negara yang berbeda. Artinya, kita tak akan melihat ada dua klub dari satu negara yang sama yang akan bertemu di babak 16 besar UCL. Selain itu, juara masing-masing grup juga akan dipertemukan dengan masing-masing peringkat kedua grup dari grup yang berbeda untuk dapat saling bentrok di babak 16 besar Liga Champions musim ini.

Senin 8 November 2022, UEFA selaku induk organisasi sepakbola eropa telah resmi merilis hasil undian babak 16 besar Liga Champions Eropa. Sekedar informasi ada delapan klub yang berstatus sebagai juara grup Liga Champions Eropa musim ini, delapan tim tersebut antara lain Bayern Munchen, Manchester City, Chelsea, FC Porto, Benfica, Real Madrid, Napoli, dan Totenham Hotspurs. Delapan tim lainnya adalah klub yang berstatus peringkat kedua dari masing-masing grup yakni Inter Milan, Borussia Dortmund, AC Milan, Club Brugge, RB Leipzig, Liverpool, PSG, dan Eitrach Frankfurt. 16 tim tersebut akan saling bertemu untuk berjibaku di babak 16 besar UCL musim ini.  Hasilnya RB Lepizig (Jerman) vs Manchester City (Inggris), Club Brugge (Belgia) vs SL Benfica (Postugal), Liverpool (Inggris) vs Real Madrid (Spanyol), AC Milan (Italia) vs Totenham Hotspurs (Inggris), Eitracht Frankfurt (Jerman) vs Napoli (Italia), Borussia Dortmund (Jerman) vs Chelsea (Inggris), dan Inter Milan (Italia) vs FC Porto (Portugal). 

Lalu bagaimanakah peta kekuatan dari beberapa laga hasil undian babak 16 besar Liga Champion Eropa? Berikut sajiannya.


PSG VS Bayern Munchen

Laga ulangan final UCL musim 2020 tampaknya akan kembali terulang saat PSG akan berhadapan dengan Bayern Munchen di babak 16 besar Liga Champions Eropa. Pada laga yang berlangsung di Estadio da Luz Portugal tersebut, Bayern Munchen berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan PSG dengan skor tipis 1-0 melalui gol semata wayang yang dicetak Kingsley Coman.

Dari rekor pertemuan dua tim tersebut, PSG dan Bayern sendiri telah bertemu sebanyak 9 kali pertemuan, dan menariknya PSG lebih unggul dari segi rekor kemenangan yang diperoleh yakni dengan lima kemenangan. Sementara Bayern mengoleksi empat kemenangan. Dari sisi kedalaman skuad, dua tim tersebut memang tak bisa dipandang sebelah mata. Kedua tim telah menunjukkan performa luar biasa selama babak grup Liga Champions musim ini yakni sama sekali belum mencicipi kekalahan. PSG sendiri berhasil menyelesaikan laga grup dengan raihan empat kemenangan dan hanya menderita 2 hasil seri. Sementara Munchen lebih superior dengan raihan 6 kemenangan.

Dari sisi kedalaman skuad dua tim tersebut tak perlu dipertanyakan lagi, nama-nama macam Kylian Mbappe, Lionel Messi, Neymar, Marko Verrati, Donarumma, hingga Achraf Hakimi sudah siap memberikan yang terbaik untuk warga Paris di Liga Champions. Di  sisi lain, Munchen yang juga telah move on dari Lewandowski juga sudah menujukkan performa perkasanya di UCL. Nama-nama seperti Choupo-Moting, Sadio Mane, Manuel Neuer, Alphonso Davies, Leroy Sane, Joshua Kimmic, hingga Jamal Mussiala siap menyajikan laga sengit menghadapi PSG pada Februari mendatang. Menarik dinanti, siapakah tim yang pantas disebut raksasa benua biru?

Liverpool VS Real Madrid

Real Madrid kembali bersua menghadapi Liverpool di babak 16 besar UCL musim ini. Seperti kita sama-sama tahu, dua tim ini baru saja bertemu di gelaran UCL musim lalu tepatnya pada final Liga Champions Eropa musim 2021/2022 yang digelar di Stade de Frances pada 29 Mei lalu. Pada laga tersebut, gol tunggal Vinicius Junior pada menit 59' berhasil membawa Real Madrid menang 1-0 atas The Reds.

Secara head to head, Real Madrid telah bertemu sebanyak sembilan kali melawan Liverpool. Real Madrid memimpin dengan mengemas 5 kemenangan, sementara Liverpool mengemas tiga kemenangan dan satu laga berakhir imbang. Jika kita membahas dari segi performa, Liverpool dan Real Madrid memang menyajikan perbedaan yang signifikan. Liverpool di Liga Inggris musim ini masih berusaha mengembalikan performa tebaiknya guna memperebutkan tahta gelar, sementara Real Madrid justru masih konsisten di kompetisi domestik. Laga UCL babak 16 besar antara Liverpool melawan Real Madrid dipercaya akan kembali seru dan mempertemukan dua pemain andalah masing-masing tim yang juga ikonik yakni Mohammad Salah dan Karim Benzema. Spessial kredit untuk Benzema yang telah memenangkan Baloon D'or musim ini. Gelar tersebut seakan menjadi pembuktian bahwa pemain senior juga bisa berjaya untuk meraih gelar prestisius tersebut. Siapakah yang bakal bersinar anak asuh Carlo Ancelotti ataukah justru pasukan Jurgen Klopp yang berhasil meraih kemenangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun