Mohon tunggu...
Ardi Bagus Prasetyo
Ardi Bagus Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Seorang Guru Muda, ASN, lulusan Universitas Mulawarman tahun 2020, Pendidikan, Biografi, sepakbola, E-sport, Teknologi, Politik, dan sejarah Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Serba-serbi Kehidupan Kampus: Mempersiapkan Diri Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

17 Mei 2022   07:00 Diperbarui: 18 Mei 2022   12:55 602 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi interview kerja ( Sumber: shutterstock via edukasi.kompas.com)

Membahas tentang lika-liku kehidupan kampus hingga setelah lulus dari dunia perkuliahan memang tak ada habisnya. Jika melihat dari banyak kasus, setiap mahasiswa memiliki beberapa problem yang justru berbeda antara satu mahasiswa dengan mahasiswa yang lain. 

Ada kasus di mana seorang mahasiswa sedang berada pada fase salah memilih jurusan perkuliahan, ada pula mahasiswa yang sedang keteteran terhadap tugas serta beban akademik yang harus ia selesaikan, hingga kasus di mana seorang mahasiswa kebingungan setelah lulus mau bekerja di mana dan bekerja sebagai apa.        

Menjadi seorang mahasiswa dan lulus tepat waktu mungkin menjadi dambaan sebagian orang di seluruh dunia, akan tetapi ada tanggung jawab lain yang tak boleh seorang mahasiswa lupakan, yakni setelah lulus, gelar yang diperoleh dan ilmu yang telah ia terima mau dibawa ke mana dan ia terapkan di mana. 

Banyak jawaban yang bisa diberikan untuk menjawab pertanyaan tersebut, namun yang jelas sebelum seorang mahasiswa lulus dari bangku perkuliahan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar setelah lulus ia tahu harus bekerja apa dan siap dengan segala peluang kerja yang ia dapatkan.

Lalu apa persiapan yang bisa seorang mahasiswa persiapkan sebelum lulus dari bangku perkuliahan agar semakin siap untuk terjun dalam dunia kerja?

Tingkatkan public speaking

Pernahkah Anda melihat bagaimana seorang pembicara tampil di  muka umum? Bagaimana mereka mampu menarik perhatian penonton dan mengapa bisa sepercaya diri itu? 

Hal-hal tersebut dapat dilatih dengan banyak cara, mulailah untuk aktif bertanya di dalam kelas ketika perkuliahan sedang berlangsung.

Libatkan diri Anda dalam  beberapa kegiatan organisasi kampus sehingga Anda mendapatkan banyak teman dan juga relasi antar lembaga dalam lingkungan kampus sehingga dapat menjadi wadah bagi Anda menyampaikan aspirasi, dan jangan malas untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan seminar kampus.

Terlibat dalam kegiatan seminar kampus atau acara-acara akademik lainnya mungkin dapat menjadi wadah bagi seorang mahasiswa untuk tampil di muka umum. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan