Mohon tunggu...
Bambang Setiawan
Bambang Setiawan Mohon Tunggu... Suka bermusik apalagi bernyanyi

seorang yang punya cita2 tinggi dalam industri permusikan namun belum juga menemui tititk terang

Selanjutnya

Tutup

Karir

Tertarik Menjadi Content Writer? Tips Jitu Ini Bisa Kamu Coba

7 Februari 2020   16:25 Diperbarui: 7 Februari 2020   16:45 22 1 0 Mohon Tunggu...
Tertarik Menjadi Content Writer? Tips Jitu Ini Bisa Kamu Coba
ekrut.com

Content writer merupakan salah satu bisnis kreatif di era digital, menjadi penulis konten untuk keperluan web, sosial media, email marketing, dan lainnya. Banyak masyarakat khususnya milenial tertarik dalam bisnis ini, karena dinilai memiliki potensi bisnis yang besar dan pangsa pasar yang luas. Selain itu, fleksibilitas waktu dan tempat dalam mengerjakan setiap projek konten merupakan kelebihan tersendiri, yang terpenting adalah dapat menghasilkan konten yang berkualitas dan informatif.

Pekerjaan content writer yang merupakan bagian dari industri kreatif menjadikan pengetahuan dan pengelolaan informasi sebagai dasar untuk pengembangan industri kedepannya. Sejalan dengan itu,  revolusi industri 4.0 yang saat ini terus berkembang mengharuskan masyarakat lebih kreatif dalam pemberdayaan teknologi dan informasi. 

Peluang bisnis kreatif ini semakin terbuka lebar, meskipun dalam prosesnya tidak selalu mudah, pelajaran yang didapat tentu sangat berharga, misalnya dalam menghasilkan konten berkualitas, kamu perlu riset data penulisan, mempersiapkan planning content, menulis, menentukan judul, keyword, SEO, dan publikasi artikel. Hal tersebut cepat atau lambat akan mudah dilewati selama kamu komitmen dengan bisnis ini.

5 Tips Jitu Menjadi Content Writer

idcloudhost.com
idcloudhost.com

1. Siapkan Tekad Kuat dan Mental Baja 

Memulai sesuatu bila tidak disertai dengan tekad yang kuat tidak akan membuahkan hasil maksimal, termasuk ketika memulai menulis konten yang merupakan pekerjaan utama bisnis ini. Agar dapat selalu menghasilkan konten berkualitas yang diperlukan tekad bukan sekedar mood. Selain itu, persiapan mental juga perlu, terhambat beberapa masalah mungkin akan mengguncang mental sehingga sulit untuk bangkit kembali. Namun, demikian harus kamu lewati, bukankah jatuh bangun dalam bisnis itu wajar?

2. Tumbuhkan Budaya Membaca

Menumbuhkan budaya membaca sangat perlu dilakukan, sebab membaca adalah kebutuhan untuk memperluas cakrawala pengetahuan. Memiliki pengetahuan luas dengan banyak membaca akan menambah informasi, kosakata dan meningkatkan fokus yang merupakan kebutuhan dalam menulis sebuah konten.

3. Mulailah Berdiskusi untuk Sebuah Topik Permasalahan

Tidak hanya membaca, diskusi juga akan menambah wawasan pengetahuan. Informasi yang didapat dalam diskusi bermanfaat untuk memahami sebuah permasalah secara utuh, bahkan kerap kali kamu akan mendapatkan insight tentang sesuatu. Sesuatu yang bagus jika kamu dapat menampilkan sebuah permasalahan secara utuh dalam sebuah konten sehingga menjadi informatif dan dapat dipahami oleh pembaca.

4. Tingkatkan Kemampuan Menulismu Setiap Hari

Menulis merupakan kemampuan yang harus dimiliki untuk menghasilkan sebuah konten. Konten tersebut adalah informasi yang sudah diolah serta memuat gagasan, ide, opini, dan bukan sekedar copy paste! Menulis bukan persoalan mampu atau tidaknya tapi kebiasaan, semakin sering menulis maka akan terbiasa.

Bisa dikatakan jika ingin menggeluti bisnis ini harus berani terjun ke dunia literasi, oleh karena itu, kamu harus terbiasa menulis, usahakan latih kemampuan menulismu setiap hari meskipun itu sulit. Terkadang memang harus terpaksa untuk menjadi biasa sehingga menjadi luar biasa, let's do it!

5. Santai Sejenak untuk Hilangkan Penat dan Stress

Agar dapat bekerja secara optimal perlu inspirasi yang terus mengalir untuk menghasilkan sebuah konten yang kreatif dan menarik. Namun, inspirasi tidak selalu mudah datang, saat padatnya aktivitasi justru malah penat dan stress yang datang. Relaksasi dapat menjadi solusi untuk ini, tidak perlu memaksakan diri saat berada pada posisi ini, cukup santai sejenak dan inspirasi akan datang kembali.

Semoga berbagai informasi seputar Tips untuk menjadi seorang jasa penulis artikel dalam dunia bisnis online .

VIDEO PILIHAN