Mohon tunggu...
Bamby Cahyadi
Bamby Cahyadi Mohon Tunggu... Penulis, Profesional Food and Beverages Business

Adalah penulis cerpen dan profesional di dunia restoran. Pernah bekerja di pelbagai industri restoran berskala nasional dan multinasional

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Kiat-kiat Menulis: Hanya untuk Penulis Pemula

14 Februari 2021   19:42 Diperbarui: 17 Februari 2021   19:31 922 28 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kiat-kiat Menulis: Hanya untuk Penulis Pemula
ilustrasi belajar menulis sebuah cerita. (sumber: pixabay.com/bloomingmimosa)

Tentang Ide dan Kiat-kiat Lainnya

IDE

Ide adalah sebuah gagasan yang akan kita wujudkan menjadi cerita. Ide merupakan modal bagi cerita. 

Satu ide dasar bisa saja menjadi investasi untuk beberapa cerita. Sehingga ide bisa juga diartikan sebagai tema, ialah pokok persoalan dalam sebuah cerita.

PENULIS

Penulis atau pengarang itu hanya manusia-manusia biasa, entah itu bernama cerpenis, novelis, penyair, dramawan, atau esais. 

Harus secara jujur diakui, bahwa untuk menulis dibutuhkan hanya 10% bakat dan 90% adalah hasil usaha berupa kerja keras melalui proses pelatihan, pendidikan, dan kreativitas. Pendapat itu disampaikan oleh William Faulkner seorang novelis sastra asal Amerika. 

Namun di Indonesia pandangan ini menjadi terbalik, 90% bakat dan 10% kerja keras (entah pendapat siapa, mungkin pendapat kita sendiri).

Siapa pun bisa menjadi penulis asal ia mau melatih diri. Meskipun masih banyak orang yang percaya bahwa sastrawan dilahirkan, bukan dibentuk. Mari kita tampik asumsi itu.

Penulis yang baik adalah penulis yang mampu membuat pembacanya kreatif. Menulis merupakan suatu proses melahirkan tulisan yang berisikan gagasan. Banyak yang melakukan secara spontan, tidak sedikit yang berkali-kali mengadakan koreksi dan penulisan kembali.

Tahapan Menulis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x