Mohon tunggu...
Bambang Hilmawan
Bambang Hilmawan Mohon Tunggu... Lainnya - Perangkat Desa Suela

Suka gotong royonh

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Uji Nyali Penyiraman Jagung Tengah Malam

6 Juli 2022   10:18 Diperbarui: 6 Juli 2022   11:07 28 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Air rigasi masuk sawah penulis tengah malam pukul 03.43 wita (dokpri)

Jarum jam menunjukkan pukul 03.36 dini hari. Penulis siap-siap  ke sawah untuk melihat penyiraman jagung vioner cap gajah. Tujuan ke sana memastikan apakah air irigasi sudah merata membasahi sawah penulis atau belum? Sebelum airnya disambut (alihkan) oleh petani lain.


Namun karena gelap-gulita nan sepi, penulis membayangkan kehadiran hantu dan segerombolan maling yang betantang-betenteng di jalan yang bakal penulis lalui. Sebab, perjalanan ke sawah melewati jalan terjal, pohon rindang, semak blukar dan cukup menakutkan. Kawasan ini dulunya habitat ular piton, tempat anjing-posyandu dan konon banyak hantu atau makhluk penunggu pohon. Jarak tempuh sawah dengan rumah 30 menit pakai sepeda motor. Sekitar 700 meter ke selatan. Sedangkan luas sawah penulis 40 are.

Sebelum berangkat, penulis menenangkan diri dengan membuat kopi hitam. Saya lihat anak isteri saya sedang terlelap. Untuk menambah keberanian, penulis sholat tahajut dua rakaat sebelum memanaskan Yamaha X-Ride sebagai tunggangan.

Alat-alat yang penulis bawa lampu senter, parang, sabit, cangkul dan tembakau untuk mengangatkan tubuh dan mengusir ketakutan. Sesuai perkiraan penulis, sawah bakal merata tersirami sekitar 3 jam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan