Gayahidup

Sensasi Baru Motor Listrik dari Yamaha

14 November 2017   16:42 Diperbarui: 14 November 2017   18:14 141 0 0
Sensasi Baru Motor Listrik dari Yamaha
sumber: screenshot youtube

PT Yahama Indonesia menginfokan bahwa mereka sedang studi mendantangkan sepeda motor listrik di Indonesia. Dari itu PT Yamaha Indonesia punya acara tersendiri untuk mengedukasi. Agen pemegang Yamaha sendiri belum merencanakan pemasarannya, tetapi Yamaha mulai unjuk gigi dengan memboyong motor listrik E-Vino.

Seperti yang dilansir dari CNNIndonesia. Hal ini serupa dengan motor yang berbahan bensin yang berjenis Fino. PT Yamaha Indonesia mengembangkan desain yang mirip dengannya. Ada sedikit perbedaan pada sisi dimensi E-Vino yang hadir jauh lebih kecil dari  'kakak' Fino. Sehingga pemilik tubuh tinggi dan besar, motor bakal terasa lebih nyaman jika digunakan sendiri.

Dengan memanfaatkan fasilitas pabrik asal jepang telah menguji coba tujuh unit E-Vino yang menuju kebeberapa lokasi yaitu Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan, Tangerang, The Breeze BSD, dan pabrik Mitsubishi Motors.

Bukan hanya pabrik asal jepang yang boleh mencoba, melaikan media dari CNNIndonesia.com mendapatkan kesempatan untuk mencicipi motor E-Vino langsung performa motor listrik Yamaha.

Bagi pengendara motor yang pemula, tidak akan merasa kesulitan jika menggunakan motor listrik jenis baru dari PT Yamaha ini. Tidak banyak fitur yang harus dipelajari salain mendengarkan intruksi dari PT Yamaha itu sendiri.


E-Vino tetap stabil

Pada biasanya saat kita memutar kunci kontak, pengendara langsung menyalakan mesin pada kedaaraannya. Tapi E-Vino tidak pengendara harus menunggu lampu petunjuk pada layar speedometer mati sebelum mulai menarik tuas gas. Yang pertama dirasakan saat menaiki motor tidak ada ada suara sedikitpun yang keluar dari knalpot . mungkin memang terasa aneh untuk sebagian orang.


Motor listrik ala PT Yamaha E-Vino yang berbasis listrik ini memiliki system kinerja yang berbeda dari motor konvensional. Mulai dari heningnya suara mesin dan tidak menghasilkan gas buang. Bukan hanya itu saat berkendara motor listrik ini sedikit menggentak tetapi tidak jadi masalah, gas pada motor E-Vino benar-benar stabil.

Yamaha E-Vino mengandalkan motor listri dengan dukungan dua baterai lithium-ion 40v-12ah dengan sistem plug n play. Menurut pabrikan motor ini mampu menempuh jarak lebih kurang 30 km dengan kecepatan rata-rata 44 km per jam dengan satu kali charge.

Saat diberi jalan yang meliuk-liuk di bagian rintangan yang di sediakan oleh PT Yamaha, E-Vino tetap aman dan stabil, tetapi jika tinggi badan 184 cm pasti akan merasakan ketidak nyamanan saat diletakan di pijakan motor.

Sayanganya E-Vino ini hanya boleh dicoba oleh tempat-tempat yang telah di tentukan saja, sehingga kita tidak dapat mengetahuinya lebih jelas tentang mesin ini  dan kurang puas.