Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum : Tan keno kinoyo ngopo

Berpikir tentang Seni adalah Janji Kebahagian Umat Manusia untuk mencari dan menemukan cinta yang paling luhur

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Ideologi Hanacaraka (1)

19 November 2022   16:13 Diperbarui: 19 November 2022   18:52 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Apa Itu Ideologi Hanacaraka/prof apollo/dokpri

Apa Itu Ideologi Hanacaraka

Secara ontoteologi makna Hanacara dalam jawa Kuna menunjukan dialektis (1) ha na ca ra ka (tesis); (2) da ta sa wa la (Anti tesis); (3) pa da ja ya nya (sintesis);

(4) ma ga ba tha nga (kekosongan_ ngesti Suwung atau saya sebut "Hong"); empat pengalaman negative dan positif ini kemudian menghasilkan apa yang disebut "tatanan" semacam kecocokan, harmoni, menjadikan dokrin jiwa manusia (papan, ampan, adepan); atau nama lain pada sastra agung bernama; Dunia ini adalah perang dan dialektis .

Teks Hancaraka adalah Ideologi merupakan suatu ide atau gagasan. Kata ideologi sendiri diciptakan oleh Antoine Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan "sistem, tentang ide"

Pertanyaannya adalah bagaimana? hal-hal tidak mudah karena kita menemukan diri kita kalah dalam pertempuran ideologis yang, karena bobot hegemonik dari totalitarianisme netralitas, tidak diperhatikan oleh banyak orang.

Bahasa dan cara kita melihat politik menempatkan kita sebagai individu sebelum ekspresi dibuat dengan tujuan memfitnah dan memutarbalikkan alternatif yang dapat menumbangkan realitas Kolombia.

Kritik   yang dikembangkan oleh beberapa kiri akan selalu digunakan oleh yang kuat untuk memusnahkan pemikiran yang awalnya mampu menumbangkan situasi. Kapasitas itu berbahaya bagi kekuatan yang sudah mapan, dan itulah sebabnya kekuatan yang sudah mapan merayakan protes; tetapi ketika lampu merah, seolah-olah kita adalah badut dan bukan orang yang meminta martabat dan keadilan.

Tampaknya senjata yang paling dikembangkan oleh kekuatan hegemonik transnasional adalah "pusat" yang terkenal itu. Pusat itu lahir dalam perang dingin, ketika para intelektual serius yang dibiayai oleh CIA membandingkan komunisme dengan Nazisme untuk mendukung pembom Amerika Serikat yang baik hati. Pusatnya bukanlah kisah baru. Cara kerjanya adalah paradoks fungsional. 

Ini terdiri dari mempertahankan kebutuhan untuk menjelekkan oposisi dengan kapasitas untuk menumbangkan situasi sambil membiarkan oposisi yang lemah, yang meminta hal-hal kecil, menawarkan debat yang lemah, yang menghasilkan pendukung besar tetapi fana yang tidak mempengaruhi fungsi sistem.

Akar dari ini adalah gagasan kelam tentang netralitas politik. Netralitas entah bagaimana menjadi "tak terbantahkan"; modus operandinya adalah mendepolitisasi, menguniversalkan, menyamakan lawan; Memajukan sebagai paradoks fungsional , ia mempromosikan secara totaliter kebutuhan orang untuk meninggalkan analisis totalitas dan hanya menyimpan apa yang nyaman bagi mereka: sepotong kecil realitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun