Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Itu Fenomenologi Persepsi Merleau-Ponty (2)

20 Oktober 2022   15:08 Diperbarui: 20 Oktober 2022   15:09 1444
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Merleau-Ponty/dokpri

Apa itu Fenomenologi Persepsi Merleau-Ponty

Gagasan pada Fenomenologi Persepsi ( 1945) dianggap sebagai karya utama filsuf Maurice Merleau-Ponty , salah satu pendiri fenomenologi. Dalam semangat penelitian Edmund Husserl , proyek Merleau-Ponty berangkat untuk mengungkap struktur fenomena persepsi. Secara tradisional, persepsi didefinisikan sebagai aktivitas pikiran di mana subjek menjadi sadar akan objek dan properti yang ada di lingkungannya berdasarkan informasi yang disampaikan oleh indera. Maurice Merleau-Ponty telah berusaha untuk menunjukkan sejak karya sebelumnya yang berasal dari tahun 1942.

Struktur Perilaku bahwa gagasan persepsi dirusak oleh sejumlah bias yang menutupi kebenaran. Dalam dua karya ini penulis akan berusaha untuk berpikir menurut Pascal Dupond apa yang dia sebut sebagai "kontak naif dengan dunia" pertama yang sebenarnya akan mendahului kemungkinan persepsi. Untuk percaya bahwa persepsi dapat mengungkapkan kepada kita kebenaran tentang keberadaan dan kebenaran dari hal-hal-dalam-diri-sendiri adalah mengandalkan seperangkat prasangka yang tak terucapkan.

"Tidak ada keraguan yang saya pikirkan. Saya tidak yakin ada asbak atau pipa di sana, tetapi saya yakin saya pikir saya melihat asbak atau pipa. Apakah semudah yang dipikirkan untuk memisahkan keduanya? afirmasi, dan untuk mempertahankan, di luar penilaian apa pun mengenai hal yang dilihat, bukti "pemikiran melihat" saya? Sebaliknya, tidak mungkin.

Persepsi justru jenis tindakan ini di mana pertanyaan tentang memisahkan tindakan itu sendiri dan istilah yang disandangnya Persepsi dan yang dirasakan tentu memiliki modalitas eksistensial yang sama, karena seseorang tidak dapat memisahkan dari persepsi kesadaran yang dimilikinya atau lebih tepatnya yang dimilikinya. kepastian persepsi dengan menolak hal yang dirasakan.Jika saya melihat asbak arti penuh dari kata lihat, pasti ada asbak di sana, dan saya tidak bisa menekan pernyataan ini. Melihat adalah melihat sesuatu. Melihat merah berarti melihat merah ada dalam tindakan."

"Tidak ada keraguan yang saya pikirkan. Saya tidak yakin ada asbak atau pipa di sana, tetapi saya yakin saya pikir saya melihat asbak atau pipa. Apakah semudah yang dipikirkan untuk memisahkan keduanya? afirmasi, dan untuk mempertahankan, di luar penilaian apa pun mengenai hal yang dilihat, bukti "pemikiran melihat" saya? Sebaliknya, tidak mungkin.

Persepsi justru jenis tindakan ini di mana pertanyaan tentang memisahkan tindakan itu sendiri dan istilah yang disandangnya Persepsi dan yang dirasakan tentu memiliki modalitas eksistensial yang sama, karena seseorang tidak dapat memisahkan dari persepsi kesadaran yang dimilikinya atau lebih tepatnya yang dimilikinya. kepastian persepsi dengan menolak hal yang dirasakan.Jika saya melihat asbakarti penuh dari kata lihat, pasti ada asbak di sana, dan saya tidak bisa menekan pernyataan ini. Melihat adalah melihat sesuatu. Melihat merah berarti melihat merah yang ada dalam tindakan. Kita dapat mereduksi penglihatan menjadi anggapan sederhana tentang melihat hanya jika kita merepresentasikannya sebagai perenungan terhadap suatu kualitas .mengambang dan tidak terikat.

Tetapi jika  kualitas itu sendiri, dalam tekstur spesifiknya, adalah saran yang dibuat kepada kita, dan yang kita tanggapi karena kita memiliki medan indera, dengan cara keberadaan tertentu, dan jika persepsi tentang 'warna yang diberkahi dengan struktur yang ditentukan, - warna dangkal atau rentang warna, - di tempat atau jarak yang tepat atau kabur, mengandaikan keterbukaan kita terhadap kenyataan atau dunia, bagaimana kita bisa memisahkan kepastian keberadaan kita?

Penting bagi penglihatan saya untuk merujuk tidak hanya pada sesuatu yang dianggap terlihat, tetapi juga pada makhluk yang benar-benar terlihat. Sebaliknya, jika saya mengajukan keraguan tentang keberadaan benda itu, keraguan ini ada pada penglihatan itu sendiri, jika tidak ada merah atau biru di sana, Saya katakan bahwa saya tidak benar-benar melihat apapun, saya setuju bahwa tidak pernah terjadi kecocokan antara niat visual saya dan yang terlihat yang merupakan visi dalam tindakan terjadi.

Oleh karena itu salah satu dari dua hal: apakah saya tidak memiliki kepastian tentang hal-hal itu sendiri, tetapi kemudian saya tidak dapat lagi memastikan persepsi saya sendiri, dianggap sebagai pemikiran sederhana, karena, meskipun demikian, itu menyelubungi penegasan sesuatu; atau saya menangkap pikiran saya dengan pasti, tetapi itu mengandaikan saya berasumsi pada saat yang sama keberadaan yang dituju, Saya tidak memiliki kepastian tentang hal-hal itu sendiri, tetapi kemudian saya tidak dapat lagi memastikan persepsi saya sendiri, dianggap hanya sebagai pemikiran, karena, meskipun demikian, itu menyelubungi penegasan tentang suatu hal; atau saya menangkap pikiran saya dengan pasti, tetapi itu mengandaikan saya berasumsi pada saat yang sama keberadaan yang dituju, Saya tidak memiliki kepastian tentang hal-hal itu sendiri, tetapi kemudian saya tidak dapat lagi memastikan persepsi saya sendiri, dianggap hanya sebagai pemikiran, karena, meskipun demikian, itu menyelubungi penegasan tentang suatu hal; atau saya menangkap pikiran saya dengan pasti, tetapi itu mengandaikan saya berasumsi pada saat yang sama keberadaan yang dituju,
Ketika Descartes memberi tahu kita keberadaan hal-hal yang terlihat diragukan, tetapi visi kita, yang dianggap sebagai pemikiran sederhana untuk melihat, tidak, posisi ini tidak dapat dipertahankan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun