Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo_Academic Tools
APOLLO_ apollo_Academic Tools Mohon Tunggu... Dosen - Tan keno kinoyo ngopo

Sementara waktu__ izin saya minta maaf dan mohon maaf sekali lagi, jika belum bisa atau tidak sempat membalas komentar, atau vote, terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa Hubungan antara Supranatural dengan Ilmu?

6 Agustus 2022   20:24 Diperbarui: 6 Agustus 2022   20:37 200 13 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Seharusnya, alam yang melampaui alam. Apa itu alam? Alam adalah keberadaan, totalitas dari apa adanya. Secara umum disebut "alam" ketika kita menganggapnya sebagai sistem entitas yang saling berhubungan, berinteraksi satu sama lain menurut hukum. Jadi "alam" sebenarnya berarti alam semesta entitas yang bertindak dan berinteraksi sesuai dengan identitasnya. 

Lalu, apa itu "alam gaib"? Sesuatu di luar alam semesta, di luar entitas, di luar identitas. Itu pastilah: suatu bentuk eksistensi yang melampaui eksistensi semacam entitas yang melampaui apa pun yang diketahui manusia tentang entitas sesuatu yang bertentangan dengan semua yang diketahui manusia tentang identitas apa adanya.  

Saat ini, normal untuk membedakan antara peristiwa alam dan supranatural: yang pertama diatur oleh hukum yang kita ketahui, yang terakhir tampaknya sulit dipahami. Namun, perbedaan ini relatif baru, dan ketika itu terjadi, itu merupakan revolusi intelektual.

Supernaturalisme pada dasarnya adalah pandangan dunia yang mencakup lebih dari yang dapat diamati dan dibuktikan oleh ilmu-ilmu alam. Supernaturalisme memungkinkan untuk kemungkinan supranatural.

Banyak orang saat ini, dan terutama mereka yang mendalami ilmu pengetahuan, berpegang teguh pada filosofi yang disebut naturalisme, yaitu keyakinan  segala sesuatu adalah hasil dari proses alam murni. 

Sementara orang-orang pra-modern biasa menghubungkan fenomena alam (hujan atau kekeringan, letusan gunung berapi, wabah belalang, guntur, dll.) secara langsung dengan tindakan Tuhan (atau dewa), mereka tahu  hal-hal ini hanyalah fenomena alam yang dapat terjadi. dijelaskan secara ilmiah. 

Mereka yang membela filosofi naturalisme tidak hanya mengakui penyebab alami dari peristiwa tertentu, tetapi secara definisi mengecualikan Tuhan dan supernatural. Penyebab supernatural ditolak karena tidak mungkin.

Di sisi lain, supernaturalisme memungkinkan kemungkinan intervensi supernatural, artinya ada lebih banyak hal di dunia daripada apa yang ditemukan di alam atau dapat diamati dan dibuktikan oleh sains. Tuhan, malaikat, setan, dan roh manusia adalah bagian dari dunia supranatural; 

oleh karena itu, keajaiban adalah mungkin. Bagi seseorang yang membela filosofi naturalisme, keajaiban dianggap sebagai sesuatu yang alami. Bagi seseorang yang membela supernaturalisme, mukjizat adalah penjelasan yang layak untuk peristiwa yang tidak dapat dijelaskan.

Ilmuwan yang merupakan dulu dan mungkin sampai saat ini agama dan supranatural sering membuat sains bertentangan dengan supernatural. Namun, tidak ada konflik yang melekat antara sains dan supernaturalisme. Sains dapat menjelaskan kepada manusia bagaimana Tuhan melakukan hal-hal tertentu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan