Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (D)
Prof. Dr. Apollo (D) Mohon Tunggu... ***

*

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Apa itu Ratu Adil?

29 September 2020   02:08 Diperbarui: 29 September 2020   03:05 157 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa itu Ratu Adil?
Apa itu Ratu Adil ?/ dokpri

Apa  itu Ratu Adil ?

Pada mitologi Indonesia secara umum sering sekali dalam pandangan masyarakat tentang era  kedatangan Ratu Adil (Satria Piningit). 

Pada masa pemimpin Ratu adil itu dipercayai pada mitos ini kehadiran masa  membawa keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakatnya; mitos ini dikalangan masyarakat adalah bentuk Ramalan/prediksi leluhur Indonesia bernama Prabu Jayabaya; dengan nomena tentang datangnya Ratu Adil.

Bagimana memahami Ratu Adil ini dalam kajian lebih unik, lebih mendalam dan bersifat melampaui teks literasi mitos Prabu Jayabaya? 

Adapun tujuan tulisan ini adalah diskursus untuk memberikan makna sendiri yang terpisah dari teks Ramalan Prabu Jayabaya sehingga hadir intersubjektivitas, karena itu tulisan ini bersifat membedakan, dan tidak  mencari fakta otentik (karena otentik itu tidak ada), semua hal di dunia manusia hanyalah Interprestasi.

Sebelum memahami Mitos Ratu Adil maka diperlukan pendasaran logis agar memperoleh tempat diskursus yang memandai. Mitos Ratu Adil adalah Demitologisasi (eksegesis) semua terarah pada dogma tertentu, kemudian di cari epsiteme (prasangka) atau aturan  sebagai Idiologi tertentu didalamnya.

Plato atau Platon menyatakan salah satu cara memahami adalah apa yang di dinamakan doxa (pendapat/opini, kemudian dilanjutkan penjelasan Hans-Georg Gadamer (1900-2002) bahwa pemahaman dalam kaitan dengan Ratu adil sebagai bentuk "Peleburan fusi horizon"; ada fusi horizon pemahaman, pembaca, budaya, sudut pandang, horizon teks; atau pemahaman adalah bentuk peleburan fusi Horizon, maka ketika horison bergerak maka pemahaman bergerak berubah dan tidak stabil maka interprestasi menjadi mungkin diberikan tempat").

Manusia Makluk Sejarah Ruang dan waktu atau Wirkung_sgeschichte (sejarah pengaruh, semua pemahaman adalah dipengaruhi oleh sejarah, pendefinisan tidak pernah tunggal, maka pilihan pemahaman Ratu Adil memerlukan pada banyak sudut pandang (world views) termasuk makna tanda (semiotika) alam semesta yang bersifat melampaui (beyond). JURGEN HABERMAS menyatkan cara memahami adalah wujud Kemampuan Putus Hubungan dengan Tradisi, ("pindah keyakinan"), menerima, menolak, menunda; mendoroang pengetahuan, dalam bentuk emansipasi.

Jika meminjam RUDOLF BULTMANN, sejarah adalah bentuk kausalitas dan cara berpikir;Saya kira Ratu Adil seperti apa yang dikatakan oleh Demitologisasi BULTMANN (sejarah adalah bentuk kausalitas dan cara berpikir) masa lalu dalam hal ini adalah Prabu Jayabaya; ia adalah bentuk (Eksegesis atau sejarah) perjumpaan dengan makna eksistensial, dan daya kemampun interprestasi Mitos (metode tafsir makna di balik itu semua dan penadasarannya cara memahami/episteme dunia) maka Mitos Ratu Adil di buat secara sains atau ilmu sejarah dan mempertentangkan dua pemikiran dialektika antara  erklaren (eksplanasi), dan verstehen (understanding).

Maka tujuan Mitos pada Ratu Adil adalah menyatakan pengertian manusia tentang dirinya sendiri, bukan untuk menyajikan gambaran obyektif tentang dunia, namun pada sisi lain mencari Makna Eksistensial Ratu Adil:berupa cara berhubungan dengan manusia; ada pengalaman pribadi dan mandiri berbeda-beda atau kiata tidak bisa  dicari faktanya sejarah pembatian Jayabaya tentang Ratu Adil;

Lalu  Apa  itu Ratu Adil?. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x