Mohon tunggu...
APOLLO_ apollo
APOLLO_ apollo Mohon Tunggu... Dosen - Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Aku Manusia Soliter, Latihan Moksa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Kuliah 2 Nietzsche Tanggal 6 Februari 1872

13 Februari 2020   11:31 Diperbarui: 13 Februari 2020   11:34 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kuliah 2 Nietzsche Tanggal 6 Februari 1872--dokpri

Friedrich Nietzsche  Kuliah kedua Tentang Pendidikan (Diadakan pada 6 Februari 1872) 

Pendengar yang saya kasihi! Kalian yang saya hanya bisa menyapa sebagai pendengar saya sejak saat ini, dan yang mungkin hanya mendengar desas-desus tentang perkuliahan yang saya berikan tiga minggu yang lalu, sekarang harus tahan dengan itu tanpa persiapan lebih lanjut diperkenalkan di tengah dialog serius , yang mulai saya kisahkan pada saat itu dan yang tikungan terakhirnya hanya akan saya ingat hari ini.

Teman muda filsuf itu baru saja harus meminta maaf dengan cara yang jujur dan rahasia kepada gurunya yang penting, itulah sebabnya dia tidak puas meninggalkan posisi mengajar sebelumnya dan menghabiskan hari-harinya dihibur dengan kesepian yang dipilih sendiri. Alasan paling tidak untuk keputusan semacam itu adalah kesombongan yang angkuh.

"Terlalu banyak," kata murid yang saleh, "Aku sudah mendengar darimu, guruku, sudah terlalu lama di dekatmu untuk bisa mengabdikan diriku dengan setia pada sistem pendidikan dan pelatihan kita sebelumnya. Saya merasakan terlalu jelas kesalahan dan keluhan tanpa harapan yang biasa Anda tunjukkan dengan jari Anda: namun saya tidak melihat banyak kekuatan di dalam diri saya yang dengannya saya akan sukses, dalam perjuangan yang berani, yang saya anggap sebagai benteng dari semua ini.

Pendidikan bisa hancur. Sebuah kesedihan yang umum membanjiri saya: pelarian ke dalam kesepian bukanlah kesombongan, bukan permuliaan. "Kemudian, untuk memaafkannya, ia menggambarkan tanda tangan umum dari sistem pendidikan ini sedemikian rupa sehingga sang filsuf tidak bisa tidak memotongnya dengan suara simpatik. dan jadi tenangkan dia.

"Yah, diamlah, teman yang malang," katanya; "Aku mengerti kamu lebih baik sekarang dan seharusnya tidak mengatakan sepatah kata pun sebelumnya. Anda benar dalam segala hal kecuali kekecewaan Anda. Saya ingin memberi tahu Anda sesuatu untuk kenyamanan Anda. Menurut Anda, berapa lama   kerja keras yang harus Anda lakukan di sekolah saat ini akan terus berlanjut? Saya tidak ingin menahan iman saya dari Anda tentang hal itu: waktunya sudah lewat, hari-harinya sudah ditentukan.


Orang pertama yang berani jujur di bidang ini akan mendengar gema kejujurannya dari ribuan jiwa pemberani. Karena pada dasarnya ada perjanjian diam-diam di antara orang-orang yang lebih berbakat dan lebih hangat saat ini: masing-masing tahu apa yang dideritanya dari status pendidikan sekolah, semua orang ingin melepaskan keturunannya setidaknya dari tekanan yang sama, bahkan jika dia sendiri harus mengungkapkan.

Namun, fakta  tidak ada kejujuran penuh berasal dari kemiskinan pendidikan yang menyedihkan di zaman kita; Justru di sini ada kekurangan bakat yang benar-benar inventif, tidak ada orang yang benar-benar praktis, yaitu orang-orang yang memiliki ide-ide bagus dan baru dan yang tahu  kejeniusan yang benar dan praktik yang benar harus selalu bertemu dalam individu yang sama: selama mabuk Praktisi saat ini kekurangan ide dan karenanya tidak memiliki latihan yang tepat.

Buat diri Anda terbiasa hanya sekali dengan literatur pendidikan saat ini; tidak ada yang lebih merusak itu, yang tidak menakut-nakuti kemiskinan mental tertinggi dan tarian lingkaran benar-benar bodoh selama kursus ini. Di sini filosofi kami tidak harus dimulai dengan keheranan, tetapi dengan ketakutan: jika Anda tidak dapat menghubunginya, Anda diminta untuk melepaskan hal-hal pedagogis.

Sejauh ini, kebalikannya adalah aturan; mereka yang ketakutan melarikan diri seperti Anda, teman saya yang malang, dengan malu-malu, dan orang yang sadar dan tak kenal takut meletakkan tangan mereka yang lebar pada teknik yang paling rumit yang dapat ditemukan dalam seni, pada teknik pendidikan.

Tapi itu tidak akan mungkin lama; Orang yang jujur mungkin datang hanya sekali, yang memiliki ide-ide bagus dan baru dan berani untuk memutuskan segala sesuatu yang ada untuk menjadikannya kenyataan, ia hanya dapat menunjukkan sekali dengan contoh yang bagus  tangan lebar yang telah bekerja sendirian sejauh ini tidak dapat lakukan - maka jika seseorang setidaknya mulai membedakan di mana-mana, maka setidaknya dia akan merasakan kontras dan dapat memikirkan penyebab  perbedaan ini, sementara begitu banyak yang masih dengan baik hati percaya  tangan lebar adalah bagian dari kerajinan pedagogis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun