Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Wadian

Guru Besar Tetap Pascasarjana Universitas Mercu Buana; Guru Besar Tidak Tetap FEB Universitas Trisakti; Guru Besar Tidak Tetap Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie; Guru Besar Tidak Tetap Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Pancasila; Waktu Lahir Pernah Meninggal Dunia Selama 6 Jam, kemudian Hidup Kembali saat akan dimakamkan, Sejak lahir diberikan bakat metafisik dan indera keenam atau [Indigo]

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Mitos Yunani Kuno, Dewa Dionysus Representasi Anggur, Narkoba, dan Cinta

23 Januari 2020   02:18 Diperbarui: 23 Januari 2020   02:26 67 0 0 Mohon Tunggu...
Mitos Yunani Kuno, Dewa Dionysus Representasi Anggur, Narkoba, dan Cinta
Dewa Dionysus Yunani Kuna.dokumen pribadi

Dionysus adalah dewa Olimpia termuda, satu-satunya yang memiliki ibu fana. Pohon anggur, hewan, pohon, dan semua alam sangat disayanginya. Dalam mitologinya, Dionysus biasanya dikelilingi oleh wanita. Mereka adalah pengasuh anak-anak ketika bayi, atau kekasih bermata berbintang yang dimiliki olehnya ketika ia menjadi dewa. Dia biasanya digambarkan sebagai bayi, memegang buah anggur, atau sebagai pemuda muda dan tampan, mengenakan mahkota ivy atau tanaman merambat di kepalanya.

Dionysus adalah putra Zeus dan Semele, wanita fana dan putri Cadmus, Raja Thebes. Dia menarik minat Zeus, bukan hal yang sulit untuk dilakukan, tetapi dia menghamili Semele sambil menyamar sebagai manusia fana. Istrinya yang cemburu, Hera, tahu, dan bertekad untuk membuat Semele dan anaknya yang masih kecil membayar harga untuk perselingkuhannya dengan Zeus. Hera menampakkan diri kepada Semele dengan kedok pengasuh lamanya, Beror, dan membujuknya untuk bersikeras  Zeus menunjukkan dirinya kepadanya dalam keilahian dan keagungan penuh.

Ketika Zeus pergi mengunjungi Semele malam itu, dia memohon padanya untuk menunjukkan dirinya sebagai dewa utama Olympus. Dia bersumpah ke Sungai Styx untuk melakukan apa pun yang dia minta, dan sumpah itu tidak dapat dibatalkan. Semele tidak mungkin tahu  tindakan ini akan mengakibatkan kematiannya, tetapi Hera melakukannya.

Petir Zeus membunuh Semele, tetapi putranya yang belum lahir dijadikan abadi. Segera setelah Semele meninggal, Zeus merobek Dionysus dari rahimnya, dan menjahitnya ke pahanya, berfungsi sebagai inkubatornya sampai dia siap untuk dilahirkan. Ketika saatnya tiba, Hermes bertindak sebagai bidan dalam kelahiran yang paling tidak biasa ini.

Dionysus dibawa ke saudara perempuan Semele untuk dibesarkan sebagai seorang gadis, jadi dia akan dilindungi dari kemarahan Hera. Tetapi Hera membuat pengurusnya gila, dan mereka mencoba membunuh Dionysus. Zeus menyelamatkannya sekali lagi dengan mengubah Dionysus menjadi seekor domba jantan, membawanya ke negara pegunungan ilahi dan mitos, Mt. Nysa, dihuni oleh nimfa yang indah.

Selama masa ini, gurunya, Silenus, mengajarinya banyak rahasia alam, termasuk pembuatan anggur. Dionysus sebagai dewa, arketipe dan pria selalu dekat dengan alam dan wanita. Dia kadang-kadang kehadiran yang tidak disukai dan mengganggu, penyebab kegilaan dalam mitologi, dan masalah dalam jiwa pria.

Dionysus banyak bepergian sebagai seorang pemuda, melalui Mesir, dari India ke Asia Kecil, dan ke tempat kelahirannya di Thebes, di Yunani. Dia mengajari orang-orang cara menanam selentingan ke mana pun dia pergi. Kegilaan dan kekerasan sering bepergian bersamanya. Kadang-kadang dia dikatakan dibuat marah oleh Hera, tetapi sering kali dia yang bertanggung jawab atas tindakan kekerasannya terhadap orang-orang. Setelah Raja Lycurgus menolak Dionysus, Lycurgus menjadi gila dan membunuh putranya, mengira dia hanya memotong pohon anggur.

Wanita yang menolak Dionysus sering membunuh anggota keluarga mereka sendiri dengan merobek-robek mereka. Begitu dia pulang dari India, dewi Cybele memurnikan dia dari pembunuhan yang dilakukannya dalam kegilaannya, dan lebih penting lagi, mengajarinya misteri dan ritus inisiasi, karena dia adalah seorang Dewi Ibu yang hebat.

Dionysus menyelamatkan ibunya; Ariadne adalah putri Raja Minos dari Yunani, dan jatuh cinta dengan pahlawan Athena, Theseus. Ariadne menunjukkan kepadanya bagaimana cara melewati labirin yang terkenal, tempat ia membunuh Minotaur, dan menelusuri kembali langkah-langkahnya hingga ia keluar.

Kemudian Theseus dan Ariadne berlayar ke Athena, tetapi dia dengan santai meninggalkannya di pulau Naxos. Dia akan bunuh diri karena patah hati, jika Dionysus tidak menyelamatkannya dengan menjadikannya istrinya. Zeus sekali lagi melangkah untuk mendukung Dionysus, dan membuat Ariadne abadi. Dia adalah yang paling dekat hubungannya dengan Aphrodite, Dewi Cinta. Ariadne pernah menjadi Dewi Bulan Kreta, tetapi orang-orang Yunani mengubahnya menjadi manusia yang menjadi korban dalam mitologi mereka. Namun, melalui Dionysus dia kembali didewakan.

Dionysus harus turun ke Hades untuk menghidupkan kembali Ibunya, Semele. Setelah itu, mereka naik ke Mt. Olympus, di mana dia menjadi abadi juga. Semele telah disembah sebagai Dewi yang terkait dengan Bulan dan Bumi (sebagai Gaia) di masa pra-Hellenic awal. Dalam mitologi Yunani,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x