Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo (Daito)
Prof. Dr. Apollo (Daito) Mohon Tunggu... Wadian

Guru Besar Tetap Pascasarjana Universitas Mercu Buana; Guru Besar Tidak Tetap FEB Universitas Trisakti; Guru Besar Tidak Tetap Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie; Guru Besar Tidak Tetap Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Pancasila; Waktu Lahir Pernah Meninggal Dunia Selama 6 Jam, kemudian Hidup Kembali saat akan dimakamkan, Sejak lahir diberikan bakat metafisik dan indera keenam atau [Indigo]

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Metafora Strategi Ibu Kota Negara

23 Agustus 2019   01:19 Diperbarui: 23 Agustus 2019   01:40 0 0 0 Mohon Tunggu...
Metafora Strategi Ibu Kota Negara
dokpri

Metafora Strategi  Ibu Kota Negara

Tulisan ini memang sulit dipahami sekaligus tidak untuk dipahami, karena alasan tulisan sebagai topong dan selubung. Yang disebut tulisan adalah menyembunyikan sesuatu yang tidak mudah dipahami atau tidak gampangan. Hanya imajinasi dan daya yang melampaui yang bisa memahami dengan baik. Para Seniman mungkin bisa  paham, atau para akhli dalang wayang.

dokpri (edit pribadi)
dokpri (edit pribadi)
Menyadari   semua makhluk hidup melalui siklus kelahiran, pertumbuhan, kematangan, dan kematian, inspirasi untuk konsep siklus hidup produk dan siklus hidup industri berasal dari biologi. Konsep siklus hidup adalah deskripsi yang tepat tentang apa yang terjadi pada produk dan industri dari waktu ke waktu. Ketika diterapkan pada organisasi, siklus hidup produk dan siklus hidup industri mengandung empat tahap pengantar, pertumbuhan, kematangan, dan penurunan.

Konsep ini lebih dari sekadar analogi bisnis dan biologi yang menarik. Dalam biologi, posisi organisme hidup dalam siklus hidupnya mengarah ke berbagai tindakan yang berbeda mengenai masa depan organisme. 

Posisi industri dan posisi produk dalam siklus hidup mereka juga mengarah pada keputusan yang sangat berbeda mengenai masa depan mereka. Akibatnya, konsep siklus hidup diadopsi dari biologi untuk digunakan sebagai alat perencanaan strategis untuk produk dan industri.

Bagian berikut ini mendefinisikan istilah, menjelaskan mengapa produk memiliki siklus hidup, menjelaskan tahapan siklus hidup produk, dan memeriksa implikasi strategis dari siklus hidup produk.

Siklus hidup dapat digunakan untuk mengamati perilaku banyak konsep dalam bisnis. Dalam bentuk klasiknya, yang dijelaskan pada bagian selanjutnya, paling baik diterapkan pada produk dan industri. Digunakan dalam bentuk ini, suatu produk bukan individu tetapi sekelompok produk serupa. Sebagai contoh, Chevrolet Malibu, Ford Taurus, dan Honda Accord adalah kelompok produk sedan berukuran sedang.

Industri adalah klasifikasi yang jauh lebih luas daripada produk; suatu industri terdiri dari banyak kelompok produk yang serupa. Kelompok produk sedan ukuran sedang, truk pickup, dan kendaraan sport semuanya milik industri mobil.

Secara umum, industri memiliki siklus hidup yang lebih lama daripada produk. Industri mobil telah bertahan lebih dari 100 tahun dan tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan. Namun, sedan keluarga besar tampaknya sudah memasuki tahap penurunan. Setelah beberapa dekade berkuasa di industri mobil, hanya beberapa mobil besar, seperti Ford Victoria Crown, yang diproduksi.

Konsep siklus hidup juga menjelaskan produk merek individual, seperti Ford Taurus. Namun, produk individual dalam kelompok produk biasanya memiliki siklus hidup yang jauh lebih pendek, dan mereka tidak selalu mengikuti bentuk klasik dari siklus hidup produk. 

Mereka mungkin diperkenalkan dan mati, dan kemudian diperkenalkan kembali pada titik terakhir. Sebagai contoh, Chevrolet Nova telah memiliki lebih dari satu siklus hidup. Akibatnya, produk didefinisikan sebagai kelompok produk serupa, dan industri didefinisikan sebagai kumpulan kelompok produk yang sebanding.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x