Mohon tunggu...
Baity NurKharisma
Baity NurKharisma Mohon Tunggu... mahasiswi

talk less do more

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Fenomena Sleep Paralysis di Kalangan Mahasiswa

9 April 2020   14:56 Diperbarui: 9 April 2020   15:06 10 0 0 Mohon Tunggu...

Fenomena Sleep Paralysis di Kalangan Mahasiswa

Hai sahabat cendekia...

Hai sobat berjiwa muda...

Bagaimana tugas kuliahnya?  Masih sering begadang kah? Perlu sahabat ketahui, kalau sebenarnya begadang di waktu malam hari tidaklah baik. Makin sering kalian begadang, maka semakin mudah terkena gangguan kesehatan. Kira-kira gangguan kesehatan apa yang di sebabkan karena begadang ,ya? 

Jawabannya adalah sleep paralysis. Apa itu sleep paralysis? Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberi info penting untuk sahabat mengenai sleep paralysis. Baca sampai habis,ya...

Pengertian Sleep Paralysis 

Sleep Paralysis sering disebut juga dengan ketindihan , kerep-repan(jawa), atau secara kesehatan disebut kelumpuhan tidur. Istilah ketindihan digunakan masyarakat umum karena mereka mengaitkan fenomena tersebut dengan hal mistis yaitu ditiduri(ditindih) oleh makluk halus, seperti jin . 

Ada pula yang menyebutkan bahwa hal tersebut disebabkan karena lupa berdoa sebelum tidur atau tempat tidur yang kotor sehingga makhluk halus betah bersarang disana.

Pendapat tersebut terbukti salah, Berdasarkan penelitian American Sleep Disorder Association. Sleep paralysis adalah ketidkamampuan tubuh dalam mengendalikan otot ketika tidur saat memasuki fase REM(Rappid Eyes Movement). 

Perlu sahabat ketahui, saat tidur kita melewati beberapa tahapan, yaitu on Rapid Eye Movement 1 (tahap tidur paling ringan), Non Rapid Eye Movement 2 (tahap tidur yang lebih dalam), Non Rapid Eye Movement 3 (tahap tidur paling dalam), dan Rapid Eye Movement (pada tahap inilah mimpi terjadi) . Sleep paralysis  terjadi  saat  seseorang  tiba-tiba tersadar sebelum  siklus  REM berakhir  sehingga mengalami   kesulitan   bergerak   dan   berbicara   (Cheyne,   2002).

Faktor penyebab Sleep Paralysis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x