Mohon tunggu...
Bagus Rachmad Saputra
Bagus Rachmad Saputra Mohon Tunggu... Penulis - Alumni Program Studi S2 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang

Penulis buku Kepemimpinan Pembelajaran Di Era Abad 21 (2020) dan Kumpulan Puisi Titik Balik (2020)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menjadi Guru Merdeka di Era Merdeka Belajar

31 Oktober 2022   12:00 Diperbarui: 31 Oktober 2022   12:00 340
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kebijakan merdeka belajar menjadi tantangan bagi guru tidak hanya memberikan kebebasan belajar pada peserta didik namun juga bagaimana menciptakan strategi implementasi merdeka belajar yang ideal.

Namun seringkali ada persepsi yang kurang pas dari implementasi merdeka belajar pada aktivitas pembelajaran di sekolah.

Seringkali merdeka belajar dianggap sebagai kebebasan belajar yang belum sesuai dengan konsep dari merdeka belajar itu sendiri.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Tim Pengabdian Departemen Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang menggelar kegiatan pendampingan kepemimpinan pembelajaran dalam memfasilitasi kemerdekaan belajar.

Ketua Tim Pengabdian, Prof. Dr. Maisyaroh, M.Pd menjelaskan bahwa merdeka belajar bukan sepenuhnya belajar dengan bebas.

Tapi bagaimana guru bisa menjadi guru yang merdeka dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang ideal dalam memfasilitasi belajar peserta didik.

Diharapkan dengan adanya merdeka belajar mendorong semangat dan kreativitas guru dalam merancang aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan membantu peserta didik meningkatkan prestasi belajarnya.

"Merdeka belajar merupakan fasilitasi pilihan pada guru untuk merumuskan sebuah pembelajaran yang menyenangkan dan rekonstruktif," tutur Maisyaroh.

Maisyaroh menekankan kegiatan pendampingan kepada guru dalam memahami kebijakan merdeka belajar ini ada dua poin penting yang diharapkan bisa terlaksana dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun