Mohon tunggu...
Zulfikri SN
Zulfikri SN Mohon Tunggu...

jika mengeluh bukan solusi

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Rupa-rupa Bakal Calon Legislatif

24 Juli 2018   02:32 Diperbarui: 24 Juli 2018   03:55 478 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rupa-rupa Bakal Calon Legislatif
 fajar.co.id

       Selasa 17 Juli 2018 pukul 24.00 WIB, pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) berakhir. Sebanyak  16 Partai Politik tingkat Pusat telah menyerahkan berkasnya ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Jakarta pusat.

Tidak semua Parpol mampu menempatkan bacalegnya di setiap Daerah Pemilihan (Dapil), maupun alokasi kursi yang disediakan per Dapil. Pada Pemilu 2019 terdapat 80 Dapil, dengan 575 kursi DPR RI yang diperebutkan. Bertambah 15 kursi dari sebelumnya, Pemilu 2014.

Beragam latar kehidupan bacaleg yang diusung Parpol. Ada Artis, Menteri, Mantan Menteri, sampai mereka yang gagal di Pilkada Serentak 2018. 

Bacaleg Artis

Di dunia olahraga, jika seorang atlet telah mencapai usia di atas 30 tahun, biasanya memutuskan untuk pensiun. Gantung raket, gantung sepatu, atau gantung sarung tinju.  Aktivitas atlet itu ditentukan kompetisi yang diikutinya.

Berbeda dengan artis. Mereka tidak mengenal kata pensiun, meskipun jarang tampil, bahkan tidak tampak lagi di jagat hiburan tanah air.

Beberapa nama artis yang dijadikan bacaleg debutan oleh Parpol, memang tidak terdengar lagi kiprahnya. Jangankan kalangan muda atau pemilih pemula, dikalangan usia 40-an keatas pun, barangkali tidak mengenal mereka.

Timbul pertanyaan. Apakah para artis itu mampu mendulang suara, sekaligus mengangkat pamor Parpol,  atau sebaliknya?. Jangan-jangan Parpol cuma dijadikan pelintasan agar dikenal khalayak, dan berdampak pada bangkitnya popularitas mereka. 

Apalagi diantara artis itu masih setengah hati terjun ke dunia politik. Belum terpilih saja sudah berancang-ancang. Pernyataannya tak akan serta merta meninggalkan dunia hiburan yang selama ini digeluti, sebagai indikasinya.

Menteri dan Mantan Menteri

Ada tujuh orang Menteri Kabinet Jokow-JK yang didaftarkan sebagai bacaleg oleh Parpolnya. PDIP mengirimkan  dua orang, PKB  tiga orang, PPP dan PAN masing-masing satu orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x