Mohon tunggu...
Bagas Wahyu
Bagas Wahyu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Suka mengobrol, mudah bergaul

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Untag Surabaya Melakukan Kegiatan Pelatihan Pemasaran Produk Umkm Melalui Website & Sosmed

16 Juni 2023   09:25 Diperbarui: 16 Juni 2023   09:33 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKN Nginden Jangkungan Surabaya

Surabaya 15 Juni 2023, Bagas Wahyu Priambodo adalah salah satu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dari Fakultas Ilmu Hukum melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di RW 04 Nginden Jangkungan Sukolilo Surabaya dengan bimbingan oleh dosen Ibu Mirza Fathima Jauhar Kamalia, S.Hum., M.Hum dari Fakultas Sastra Inggris/Ilmu Budaya. 

Penjualan produk UMKM menjadi salah satu kegiatan yang menggunakan website sebagai media promosi dan pemasaran. Promosi dan pemasaran melalui website memiliki beberapa keuntungan bila dibandingkan dengan komunikasi pemasaran langsung. Hal ini disebabkan biaya yang dikeluarkan untuk promosi melalui web relatif lebih mudah dan terjangkau, tidak terbatas ruang dan waktu, penyebaran informasi yang cepat, meningkatkan citra yang ingin ditekankan dari suatu produk serta meningkatkan layanan pelanggan. Kegiatan komunikasi pemasaran melalui website dilakukan secara kreatif agar dapat menarik perhatian konsumen. 

Pelatihan ini dirancang untuk membekali pengelola UMKM wilayah RW 04 Nginden Jangkungan Surabaya dengan pengetahuan dan pemahaman yang diperlukan untuk memanfaatkan potensi pemasaran digital dalam memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan produk UMKM. 

Pelatihan mencakup topik utama yaitu pengenalan mengenai pemasaran digital dan pentingnya mengetahui tujuan pemasaran digital bagi pelaku UMKM. Pelatihan dilakukan melalui sesi presentasi, diskusi dan latihan praktek. Pelaku UMKM diberikan penjelasan mengenai konsep-konsep pemasaran digital dan diberikan kesempatan untuk berlatih menggunakan platform online yang relevan.

Ada lima alasan penting website dan sosial media dibutuhkan, yaitu faktor kompetisi, faktor mobilitas, faktor eksistensi, faktor kemudahan, dan faktor kredibilitas. Faktor kompetisi ditunjukkan dengan pengenalan produk, jasa, lembaga, organisasi atau hal-hal lainnya yang menjadi lebih efektif dan efisien, serta menjadi upaya maju dalam persaingan. 

Faktor mobilitas ditunjukkan dengan sifat web secara mobile yang bersifat pasif dalam artian karena bukan web yang menjelajah, tetapi justru website yang dikunjungi. Faktor eksistensi ditunjukkan dengan adanya web sebagai pembuktian bahwa usaha bisnis, lembaga, atau yang lainnya benar-benar ada. Faktor kemudahan ditunjukkan pemberian kemudahan kepada konsumen untuk mengakses informasi yang lebih banyak dan mendalam. Faktor kredibilitas 4 ditunjukkan dengan membangun reputasi dan kredibilitas untuk menciptakan citra. 

Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk pengetahuan dan pemahaman pengelola pelaku UMKM mengenai pemasaran digital agar dapat meningkatkan perekonomian di RW 04 Nginden Jangkungan Surabaya dengan penggunaan platform e commerce dan sosial media.

Pelatihan ini memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan bagi pengelola Pelaku UMKM untuk memperoleh strategi pemasaran digital dalam upaya meningkatkan penjualan produk UMKM dan juga meningkatkan perekonomian di RW 04 Nginden Jangkungan Surabaya. Diharapkan pelatihan pemasaran produk UMKM melalui Website dan Media Massa dapat terus dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan ekonomi di tingkat desa, serta memperkuat posisi UMKM di pasar global yang semakin terhubung secara digital.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun