Mohon tunggu...
Bagas Faturahman
Bagas Faturahman Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bersemangat dalam menggapai tujuan

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Taman Sungai Mudal, Keindahan Wisata Alam Kulon Progo

14 April 2021   08:21 Diperbarui: 14 April 2021   08:34 73 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Taman Sungai Mudal, Keindahan Wisata Alam Kulon Progo
Sumber: Instagram.com/ekowisatasungaimudal_

Jika membahas mengenai obyek wisata yang ada di kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta pasti tidak akan ada habisnya, karena di kabupaten Kulon Progo ini banyak terdapat obyek wisata yang banyak sekali, rata-rata obyek wisata yang berada di Kabupaten Kulon Progo ini melihatkan atau memamerkan keindahan alamnya. Seperti Air Terjun Curug Setawing, Air Terjun Prawan Sidoharjo, Wisata Alam Kalibiru, Goa seplawan, Goa Kiskendo, Taman Sungai Mudal dan masih banyak obyek wisata yang memanjakan mata lainya.

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman perjalanan saya menuju salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya kali ini saya akan menuju Taman Wisata Sungai Mudal. Taman wisata sungai Mudal merupakan suatu obyek wisata yang berada di Dusun Mudal, Banyuganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Obyek wisata Taman Sungai Mudal ini merupakan wisata alam yang memamerkan keindanhan sungai sekaligus air terjun yang sangat indah. Berawal dari kekreatifan warga setempat untuk melastarikan alam, dan lahirlah Obyek Wisata Taman Sungai Mudal. Sebuah pemanfaatan aliran sungai yang sangat terjaga kebersihanya.

Keindahan di obyek wisata ini yaitu sumber airnya yang sangat jernih yang masih berwarna biru menjadikan obyek wisata ini membuat daya tarik tersendiri oleh wisatawan. Selain itu diskitar sungai juga memiliki keadaan sekitar masih sangat asri dan terjaga, dan dibangun juga jembatan -- jembatan yang bisa dilewati pengunjung untuk melewati sungai dan menikmati keindahan sungai dari atas sungai serta juga bisa dijadikan spot untuk berfoto. 

Dengan lingkungan yang asri dan alami serta banyak terdapat fasilitas pendukung seperti toilet, tempat makan, terapi ikan, camping ground, flying fox dan gazebo untuk bersantai -- santai menikmati keindahan obyek wisata Taman Sungai Mudal ini. Dan diatas obyek wisata Taman Sungai Mudal ini  terdapat homstay yang bisa digunakan wisatawan unttuk beristrirahat atau menginap. Sehingga membuat wisatawan betah dan ingin kembali lagi ke obyek wisata Taman Sungu Mudal ini.

Untuk berkunjung ke Kabupaten Kulon Progo bisa menggunakan alat tranportasi pribadi seperti sepeda motor atau mobil, estimasi waktu dari kota Yogyakarta ke Kabupaten Kulon Progo dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 30 menit menggunakan kendaraan pribadi. untuk menuju Kabupaten Kulon Progo bisa melewati daerah Godean, yang mana di jalur untuk menuju Taman  Wisata Sungai Mudal yang akan saya tuju, memiliki jalan yang extrim karena menaiki bukit dengan jalan yang sangat menajak dan disarankan menggunakan kendaraan yang prima dan tidak berboncengan berlebih dikarenakan medan yang sangat ekstrim. 

Tetapi sepanjang perjalanan saya menikmati perjalanan saya karena pemandangan sekitar yang sangat indah dan menyejukkan mata dengan hamparan sawah-sawah dan bukit -- bukit yang indah, setelah mendekati tujuan juga ada hamparan hutan pinus yang memanjakan mata pula. Di sepanjang jalan terdapat juga beberapa obyek wista, cafe yang bagus untuk dikunjungi.

Tarif obyek wisata Taman Sungai Mudal ini sangat murah, hanya dengan membayar parkir senilai Rp. 5.000,. Untuk mobil dan Rp. 2.000,. untuk sepeda motor. Sedangkan untuk tiket masuk sungai mudal hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000,. saja dan harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu . untuk jam operasional obyek wisata Taman Sungai Mudal ini dari jam 08.30 WIB -- 15.15 WIB.

Anda tertarik untuk mengunjungi wisata -- wisata di Kabupaten Kulon Progo ini? Masih banyak keindahan -- keindahan yang dimiliki kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Dan masih banyak juga lokasi obyek wisata yang sangat indah, nyaman, dan bisa menghilangkan penat setelah bekerja, bersekolah selama seminggu. Dengan mengunjungi wisata -- wisata di Kabupaten Kulon Progo ini tidak hanya bisa mencari foto yang instragameble atau refresing saja, tetapi juga bisa membantu masyarakat sekitar dalam hal perekonomian. Dengan kita mengunjungi daerah wisata dan menguploadnya di sosial media kita, itu termasuk juga mempromosikan obyek wisata pula. Anda juga bisa mengajak teman atau keluarga anda untuk berakhir pekan didaerah wisata di Kabupaten Kulon Progo ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x