Mohon tunggu...
Bachtiar Rachmad Pudya
Bachtiar Rachmad Pudya Mohon Tunggu... Guru - kegiatan sehari-hari sebagai guru bimbingan belajar di Ananda Ceria, aktifitas lainnya menulis buku dan artikel.

Owner Ananda Ceria bisnis center, Author & Creator

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

7 Tips Menghemat Belanja Bulanan dengan Tepat dan Mudah

5 Juli 2021   19:52 Diperbarui: 5 Juli 2021   20:29 92 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Tips Menghemat Belanja Bulanan dengan Tepat dan Mudah
Dari tabungan recehan menjadi emas  www.pgg100indonesia.com

Setiap keluarga pastinya memiliki anggaran bulanan untuk memeuhi kebutuhan rumah tangganya. Besarnya pengeluaran wajib setiap rumah tangga pastinya berbeda-beda. Untuk mengatasi pemborosan atau pengeluaran yang tidak perlu diperlukan strategi dan tips belanja bulanan murah. Sehingga pengeluaran menjadi lebih hemat dan bisa menabung untuk persiapan di masa depan.

Penggunaan uang untuk belanja bulanan dsebaiknya di atur dan dikelola dengan benar. Sehingga tetap tercukupinya kebutuhan rumah tangga dangan baik. Untuk dapat hidup lebih hemat gunakanlah 7 tips belanja bulanan murah sebagai berikut:

1. Lakukan stok Opname

Sebelum menyusun anggaran belanja bulanan, sebaiknya memeriksa dan menghitung persedian barang kebutuhan rumah tangga untuk 1 bulan ke depan. Sehingga tidak terjadi penumpukan barang atau bahan makanan tertentu, sementara barang tersebut belum menjadi kebutuhan.

Sebagai bagian dari penghematan belanja bulanan dapat dilakukan dengan membeli dan membuat stok barang kebutuhan maupun bahan makanan. Sebab akan lebih murah harganya ketika membeli dalam jumlah yang cukup banyak. Yang wajib dan harus diperhatikan adalah masa dari kadaluwarsanya.

2. Skala Prioritas

Dalam melakukan penghematan yang sesuai dengan tips belanja bulanan murah adalah menentukan skala prioritas. Mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya sekedar keinginnan. Dan apakah produk tersebut sesuai dengan kemampuan budget bulanan. Manfaatkan diskon atau daftar promo bulanan yang ditawakan toko, shingga bisa memperoleh produk dengan kualitas yang sama, tetapi dengan harga yang lebih murah.

3. Susun Anggaran Bulanan

Salah satu tips belanja bulanan murah adalah dengan membuat atau menyusun anggaran belanja berdasarkan stok opname yang telah dibuat. Dengan demikian pengeluaran untuk belanja bulanan dapat terkontrol dan lebih bijak dalam penggunaan uangnya.

Dan bawalah susunan anggaran belanja yang sudah dibuat ketika akan belanja kebutuhan bulanan. Sehingga tidak perlu membuang waktu untuk mengingat-ingat catatan belanja tersebut. Yang tidak membawa catatan biasanya akan lupa dengan barang atau bahan makanan yang seharusnya dibeli, justru membeli yang tidak perlu.

4. Jadi Member

Menjadi member customer atau kartu pelanggan merupakan salah satu tips belanja bulanan murah. Sebab mereka akan memberikan potongan harga atau pemberian poin hingga jumlah tertentu, untuk ditukar denga suatu produk. Bahkan beberapa toko terkadang memberikan undian berhadiah bagi para membernya.

5. Cermat dan Cerdas Berbelanja

Kecermatan dalam berbelanja bulanan akan membuat pengeluaran menjadi lebih hemat. Untuk itu penyusunan anggaran belanja bulanan dengan tetap memperhatikan skala prioritas. Untuk dapat mengontrol serta menekan pengeluaran tersebut, gunakanlah cara sebagai berikut:

  • Manfaatkan diskon bulanan yang biasanya ditawakan pada awal atau akhir bulam tersebut, sehingga mendapat harga trebaik..
  • Pilihlah produk barang atau bahan makanan yang dikeluarkan toko tersebut, baiasanya haraga yang ditawarkan cukup murah.
  • Menjadi member dengan memiliki kartu pelanggan, agar dapat diskon saat membeli roduk yang ditawakan

6. Bayar Tunai

Dalam berbelanja bulanan sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit mapun ATM. Usahakan untuk selalu membayar dengan uang tunai di setiap transaksi pembelian. Dengan demikian pengeluaran bulanan akan lebih terkontrol.

7.  Disiplin Belanja

Kedisplian dalam mengatur keuangan akan membantu menyelamatkan pengeluaran dari hal-hal yang dapat menyebabkan pemborosan. Menjaga pola hidup hemat dengan membiasakan diri untuk slalu tertib dan disiplin. Hitung ulang setiap pengeluaran, untuk mengetahui sedini mungkin segala hal yang dapat mengganggu pengelolaan keuangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN