Mohon tunggu...
Bachtiar Rachmad Pudya
Bachtiar Rachmad Pudya Mohon Tunggu... Guru - kegiatan sehari-hari sebagai guru bimbingan belajar di Ananda Ceria, aktifitas lainnya menulis buku dan artikel.

Owner Ananda Ceria bisnis center, Author & Creator

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mungkinkah Jadi Pebisnis Sukses Sebelum Usia 30 Tahun?

29 Juni 2021   12:34 Diperbarui: 29 Juni 2021   15:13 95 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Kebanyakan sahabat muda masih ragu dengan kemampuannya menjadi  pebisnis sukses sebelum usia 30 tahun, bahkan beranggapan dirinya masih jauh dari kemampanan secara financial. Pola berpikir tersebut tentu saja tidak tepat, sebab banyak orang muda yang sukses dalam karir dan prestasinya di saat usianya belum genap 30 tahun. Jadi sangat dimungkinkan menjadi seorang pebisnis handal dan sukses, meski usianya belum mencapai 30 tahun.

Gunakan Kunci Sukses Dengan Tepat

Untuk mencapai kesuksesan sebelum 30 tahun, dibutuhkan strategi dan kunci sukses. Bukan sekedar ikut-ikutan, bahkan cenderung asal-asalan, yang bisa mengakibatkan kerugian, bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Beberapa kunci sukses yang dapat digunakan sahabat muda untuk jadi pebisnis sukses sebelum usia 30 tahun, antara lain:

1. Miliki Mimpi Besar Untuk Mulai Bertindak

Latar belakang  yang dimiliki rata-rata pebisnis sukses sebelum usia 30 tahun, sangat menarik dan inspiratif. Sebagaimana kebanyakan dari anak muda umunya, dengan  penuh keberanian untuk melakukan, apa yang jadi impian besarnya.  Setiap kesempatan yang datang, menjadi momentum untuk segera bertindak, sesuia dengan ide dan pasionnya

2. Pantang Menyerah Pada Kegagalan

Salah satu kunci yang menjadikan seseorang  sukses adalah semangatnya untuk terus berkaryadan tidak takut dengan kegagalan. Demikian juga untuk menjadi pebisnis sukses sebelum usia 30 tahun,  keberanian untuk merealisasikan mimpi, menjadi modal utamanya. Kegigihan yang menjadi semangat juangnya akan berbuah manis, meskipun dalam perjalanannya akan banyak diwarnai trial and error. Jadi sudah saatnya para sahabat muda untuk ambil kesempatan dan segera wujudkan impian besarnya.

3. Bina Bisnis Secara Mandiri

Bukan siapa dan apa yang manjadi latar belakang kesuksesan seorang pebisnis, meski usianya belum genap 30 tahun. Namun, kemampuan dan kemandirian sahabat muda dalam membina bisnisnya, akan menghantarakannya pada kesuksesan. Untuk diperlukan mindset, skillset dan toolset, sehingga mampu mengatur waktu dengan bijak guna memaksimalkan bakat dan sumber daya yang dimilikinya, untuk menjadi pebisnis yang sukses.

4. Selau Tingkatkan Pengetahuan

Perkembangan dunia terus bergerak ke depan dan semakin maju, tentu akan sangat berbahaya jika tidak ada upaya meningkatkan pengetahuan sebagai langkah untuk terus membina bisnis yang up-to-date. Kebiasaan membaca minimal 30 menit sehari, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bisnis agar sesuai dengan laju perkembangan jamannya.

Yang perlu para sahabat muda cermati adalah tidak semua pebisnis sukses memiliki latar belakang pendidikan formal. Sebab, dalam lapangan bisnis yang dibutuhkan bukan latar belakang pendidikan yang tinggi. Namun, kamauan dan tekadnya seseorang untuk terus belajar meningkatkan kemapuannya dalam berbisnis yang menjadi kunci suksesnya.  Yang kemudian menimbulkan ide, gagasan, kreativitas dan inovasi seseorang, sehingga meningkatkan kemapuan bisnisnya.

5. Teruslah Fokus Dan Jaga Konsistensinya

Kebanyakan kegagalan seseorang dalam bisnis diawali dengan tidak mampu-nya untuk terus fokus dan menjaga konsistensinya. Terlalu banyaknya bisnis atau usaha yang dijalankannya hingga tidak ada yang maksimal dijalankannya. Tentunya akan sangat merugikan, baik dari sisi waktu maupun financialnya.

Untuk itu pilih salah satu bisnis yang ingin ditekuniya dan fokuskan diri untuk mengembangkannya. Sebab kesuksesan seseorang dalam bisnis dapat diketahui dalam jangka panjang. Maka, konsistensi dan fokus untuk terus meningkatkan pembinaan dan pengembangan bisnis menjadi kunci utama bagi sahabat uda untuk sukses sebelum 0 tahun.

6. Miliki Mentor Dan Guru Untuk Dijadikan Inspirasi

Untuk mempermudah atau mempersingkat waktu dan perjuangan dalam membangun serta membina bisnis, sebaiknya sahabat muda mencari dan memiliki guru serta mentor bisnis untuk dirinya. Sebab para guru dan mentor bisnis memiliki pengetahuan dan pengalaman  mencapai impiannya, serta memilki formula kesuksesan yang sudah teruji dan terbukti. Banyak guru bisnis yang dapat dijadikan inspirasi dan pilih salah satu untuk dijadikan mentor bisnis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan