Mohon tunggu...
bachrotul ilmiyah
bachrotul ilmiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - ..

..

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Budidaya Bunga Edelweis Si Bunga Abadi di Wisata Gunung Bromo

19 April 2022   21:00 Diperbarui: 19 April 2022   21:05 6403
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bunga Edelweis (sumber: mawarung.blogspot.com)

Siapa yang tidak mengetahui bunga edelweis, bunga yang diinginkan para pendaki saat melakukan pendakian. Bunga edelweis atau dalam Bahasa latin disebut dengan eontopodium alpinum dan Leontopodium nivale merupakan bunga yang berasal dari jerman yang memiliiki paras yang cantik berwarna putih. 

Nama dari bunga edelweis ini berasal dari Bahasa jerman, yaitu edel yang memiliki arti mulia dan Weiss yang memiliki arti putih sehingga bunga edelweis dapat diartikan sebagai bunga yang putih dan mulia. Bunga edelweis biasa ditemukan di wilayah gunung, bunga edelweis ini mekar sekitar bulan April sampai dengan bulan Agustus. 

Bunga edelweis yang ditemukan di pulau Jawa memiliki nama latin Anaphalis Javanica, bunga edelweis ini sering ditemukan wilayah gunung jawa pada ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Bunga edelweis ini memiliki beberapa makna yakni diantaranya kehormatan, mulia, berani dan abadi. 

Bunga edelweis ini juga biasa disebut dengan bunga keabadian, hal ini dikarenakan bunga edelweys tidak mengalami perubahan bentuk ataupun warna meskipun bunga ini disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Bunga edelweis yang ditemukan di Indonesia dengan bunga edelweis yang ditemukan dinegara lain memiliki jenis yang berbeda.

95822242554-edel4-625ebac13794d10d1e307592.jpg
95822242554-edel4-625ebac13794d10d1e307592.jpg

Budidaya Bunga Edelwes di Bromo (sumber: https://bungakon.blogspot.com)

Bunga edelweis yang ada di Indonesia banyak ditemuka tepatnya di wilayah pegunungan jawa, maka dari itu tak heran jika bahasa latin bunga edelweys yang ditemukan di Indonesia disebut dengan Anaphalis Javanica. Bunga edelweys di Indonesia merupakan bunga endemic (bunga yang dilindungi) terdapat peraturan mengenai pelarangan memetik bunga edelweis dan peraturan tersebut sudah diatur dalam suatu hukum. 

Bunga edelweis ini bunga yang rawan akan terjadi kepunahan maka dari itu, kita harus menjaga dan melestarikannya seperti halnya yang dilakukan olah sekelompok masyarakat sekitar gunung bromo. Karena adanya kesadaran akan rawannya kepunahan bunga edelweis Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) mengadakan program budidaya bunga edelweis

Dengan adanya program budidaya bunga edelweis ini, membuahkan banyak sekali dampak baik diantaranya kelestarian bunga edelweiss itu sendiri menjadi terjaga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun