Mohon tunggu...
Azzahra Adha
Azzahra Adha Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Harian KKN Reguler Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM 2021 Lakukan Pendampingan Perencanaan Karir di MTs Ta'allamul Huda Desa Sumberejo

22 Juli 2021   19:45 Diperbarui: 22 Juli 2021   20:43 63 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM 2021 Lakukan Pendampingan Perencanaan Karir di MTs Ta'allamul Huda Desa Sumberejo
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kamis, 22 Juli 2021 -- Masih banyaknya siswa SMP sederajat yang memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Tentunya hal ini juga akan berdampak pada karir dan masa depan tiap siswa. Kurangnya bimbingan karir membuat siswa tidak berminat untuk melanjutkan studinya. Sehingga perlu adanya pendampingan agar siswa memiliki bayangan atau gambaran terhadap masa depannya.ย 

Untuk itu mahasiswa KKN UM melakukan pendampingan perencanaan karir kepada siswa kelas 9 MTS Ta'allamul Huda. Pendampingan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada mereka bahwa pentingnya perencanaan karir sedini mungkin, karena perencanaan karir sangat dibutuhkan sebagai tonggak awal dalam penyusunan rencana-rencana agar tercapainya rencana karir selanjutnya.

Pendampingan perencanaan karir ini dilakukan pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 oleh Ayu Dewi Puspitasari dan Dimas Aunul Haqq sebagai penanggung jawab program kerja ini. Program kerja ini dibuat atas permintaan dari pihak MTs dan juga atas persetujuan dari Ibu Yuniawatika S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

Pendampingan dilakukan untuk kelas 9 yang sebentar lagi akan memasuki jenjang yang lebih tinggi. Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ini adalah 20 anak dari jumlah keseluruhan siswa 29 anak. Pendampingan berlangsung selama 1 jam yaitu dari jam 9.00 sampai jam 10.00 secara daring.

"Siswa disini setiap tahunnya pasti ada saja yang tidak lanjut, entah 3-4 anak. Maka dari itu kami ingin tahun ini yang lanjut ke SMA, MA atau SMK mencapai 100%." Tutur Mahbub, Guru Matematika di MTs Ta'allamul Huda.

Hal ini terbukti ketika mahasiswa KKN UM memberikan pertanyaan kepada siswa kelas 9 mengenai keinginan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke SMA/MA/SMK, hanya beberapa yang menjawab dengan lantang dan mengangkat tangan dengan fitur raise hand. Siswa lain terlihat ragu-ragu dan hanya ikut-ikut dengan temannya.

Setelah melakukan pendampingan perencanaan karir melalui bimbingan klasikal dapat dilihat kemajuan dari siswa-siswa yaitu mereka memiliki cita-cita yang berbeda-beda, yaitu guru agama, koki, polisi, tantara, dokter umum, dokter kecantikan, guru matematika, dsb. Selain itu dengan adanya pendampingan ini, siswa-siswa juga menjadi yakin akan melanjutkan sekolah sesuai dengan cita-cita yang mereka miliki.

Pak Mahbub selaku salah satu guru di MTs Ta'allamul Huda sangat mengapresiasi kegiatan pendampingan perencanaan karir yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UM, beliau merasa terbantu dan senang karena siswa-siswa menjadi terbuka dan memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Mahasiswa KKN UM sangat mengharapkan kegiatan pendampingan ini membuat siswa-siswa akan lebih bersemangat dalam belajar dan mampu merencanakan serta memilih karir sesuai dengan minat dan bakatnya untuk masa depan yang lebih baik.

Penulis: Ayu Dewi Puspitasari

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN