Mohon tunggu...
Gurujiwa
Gurujiwa Mohon Tunggu... Induk Art Terapis - konsultan - penulis (gurujiwa508@gmail.com) (Instagram :@gurujiwa) (Twitter : @gurujiwa) (Facebook: @gurujiwa))

"Tak perlu jadi tercemerlang, keindahan konfigurasi rasi bintang di langit tercipta, semua bintang bersahaja bersinar, satu dan lainnya tidak merasa lebih" ---Gurujiwa--

Selanjutnya

Tutup

Karir

Api Jiwa: Seruput Cangkir Semangatmu, Berangkatlah!

8 April 2021   07:09 Diperbarui: 8 April 2021   08:55 55 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Api Jiwa: Seruput Cangkir Semangatmu, Berangkatlah!
Satu rasa mendunia (foto kopi mbah kung) 

Saat matahari mulai terbit. Ayam segala ayam berkukuruyyk, berkotek kotek. Burung segala burung mengerahkan seluruh kemampuan menyanyinya, mempersembahkan orkestra irama siulan penuh cabikan semangat. Alam raya sungguh penuh nada elok penggugah jiwa. Langit yang tadinya gelap, cakrawalanya berangsur merona. Dari gelap terbitlah terang. Dari samar samar, menjadi cerah jingga. Layar film pagi mulai dibuka. Cerita anda baru saja dimulai.


Lakukan ritual pagi seperlunya. Sedikit lambat tapi penuh irama. Setelah mata membuka, sadari, syukuri, genggam takdir baru, selesaikan ibadah pagi dengan tulus tanpa banyak pretensi. Resapkan seluruh irama juga warna, hari baru, peluang baru. Persiapkan segala yang perlu dengan lambat lambat tapi tertata, dengan lamat lamat tapi perlahan namun terukur. Pelan tapi pasti segala masalah kemarin, segala frustasi, kecewa, dendam,kegagalan kemarin, lupakan. Cemplungkan dalam ritual pagi yang semarak penuh semangat berapi. Cemplungkan segala residu kekesalan melesetnya target itu, ke dalam cengkaman kehangatan secangkir kehangatan di genggaman. Kopi klangenan. Teh tubruk celup favorit anda.


Jangan buru buru diminum, karena sengatan panas itu akan menyiksa lidah ketaksabaran.  Aduk penuh perasaan, sehingga aroma pemulih jiwa  tercium merasuki hidung. Bau khas dari asap rempah itu, menyegarkan, membangkitkan, menggugah macan tidur yang semalam bermimpi nikmat di pembaringan yang sudah rapi anda tinggalkan. Meski segala hal buruk telah mulai dilupakan. Hal baik haruslah dipanggil sepenuh hati. Ibarat tamu agung, sebelum kedatangan yang terjadual atau tak terduga, persiapkan segala umba rampe penyambutan dengan paripurna. Disinilah, keistimewaan ruang batin, kita tata dengan penuh kebaikan.


Tamu besar-tamu kecil. Tamu agung-tamu tak diundang sekalipun akan berebut datang masuk le teras hati,teras rumah yang paling siap, bagus tertata. Persiapakan baik baik,semua detail yang perlu dalam peta batin anda. Sambil menyeruput cangkir hangat, kesukaan lidah dan sanubari batin yang haus perhatian. Ibarat pemanjat tebing, keberhasilan misi panjat tebing batu licin,  uram, terjal, tinggi, menantang. Semua bergantung pada kesiapan tali temali, karabiner, pasak, sepatu dan semua peralatan yang perlu. Jangan sampai ada perlengkapan pendukung tertinggal. Jangan juga ada peralatan keselamatan yang terlupakan.


Perhatikan seluruh arah penjuru mata angin. Lihat dengan penun prediksi cuaca real hari ini. Walaupun di pagi amat cerah. Gunakan pengalaman anda untuk mengukur fluktuasi cuaca siang sampai sore nanti. Bila jam terbang anda dalam memprediksi perubahan cuaca belum canggih dan teruji. Jangan malu bertanya, atau mengintip prediksi ahli pembaca cuaca di BMKG, misalnya. Pengalaman mereka dalam membaca perubahan ekstrim sudah diakui dunia, tak perlu malu menggunakannya.


Setelah khatam menyimak faktor resiko diluar tu ub,sambil menyefuput sisa sisa kehangatan di cangkir pagi anda, pelajari situasi lahor batin anda. Adakah peralatan batin anda ya g berserak. Apakah anda cukup fokus pagi ini.kegagalan misi menvapai puncak tebing target hari ini biasanya dimulai dari ketergesa-gesaan, kurang rapinya mengecek ceklist dari piranti batin yang mesti di awa. Ada yang harus dibawa. Ada juga yang harus diti ggalkan zementara. Setiap batuan tebing punya kharakteristik yang berbeda. Simak,pilih baik baik dan uji kesiapan seluruh alat pendukung lahir batin, pagi ini.


Ingat seluruh keberhasilan dimulai dari segenap persiapan yang cermat,teliti, dan presisi. Bila semangat anda masih juga pucat lesi, maka nyalakan musik di teras rumahmu., hidupkan musik yang anda suka dalam perjalanan menuju titik start misi sukses hari ini. Pada dasarnya sukses atau gagal upaya menanvapkan bendera di puncak tebing paling berbahaya dan beresiko hari ini, bwrgantung pada upaya anda mengenali cuaca atin, juga cuaca alam pagi ini.


Bila segalanya telah oke, maka berangkatlah dengan sepenuh hati, sepenuh keyakinan lahir batin. Pantan pulang sebelum padam. Sekali layar dibentangkan kapal harus menuju samudera tujuan. Berlayarlah sepenuh hati. Hati hati.


O,ya, bila ada perasaan buruk, atau stamina tubun, perasaan dalam batin sedang kuran baik bail. Boleh anda menunda misi hari ini. Konon didunia penerbangan, seorang pilot pengalaman yang mestinya membawa pesawat pada jadual paling pagi,  isa saja menunda keberangakatannya, lalu memberikan kesempatan pada patner yang lain untuk menggantikan tugasnya. Maka penerbangan pun akan lancar sampai tujuan. Beri kesempatan istirahat, bila kondisi sedang tidak baik.


Namun bila segalanya sedang prima, tak ada alasan me undan keberanvkatan. Rebut kesempatan terbaik pagi ini. Ingat peluang terbaik pagi ini, menanti anda di ujung hari nanti. Rebut dengan penuh keyakinan.kesempatan emas hanya datanf sekali, tidak dua kali. Tangkaplah!.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x