Mohon tunggu...
Azkannadiyah Elsyarevah
Azkannadiyah Elsyarevah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang

hobi menggambar, swing dan membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tantangan Pembuatan Rubrik Asesmen

14 Juni 2023   04:28 Diperbarui: 14 Juni 2023   05:04 745
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Malang, 14 Juni 2023 - Sebagai seorang mahasiswi yang baru belajar dalam dunia pendidikan dan akan menjadi seorang tenaga pendidik, saya ingin belajar membuat rubric asesmen yang benar. Saya juga ingin memahami konsep dalam membuat rubrik yang bisa memberikan feedback berguna kepada peserta didik.

Hal pertama dalam pengalaman pertama membuat rubric, saya mulai dengan membaca sumber yang tersedia tentang rubrik assessment. Dimulai dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar dan melihat contoh-contoh rubrik yang berguna untuk pendoman dalam membuat rubric assessment  . hal tersebut membantu saya dalam membuat rubrik penilaian.

Tetapi ternyata saat membuat rubric assessment, ada beberapa kesulitan / tantangan yang saya alami. Pertama yaitu bagaimana menentukan kriteria penilaian yang relevan karena jika kriteria penilaian tidak jelas atau terlalu sempit atau luas akan menghasilakan rubric assesmen (rubric assessment) tidak akurat dan baik. Kedua  susah dalam menentukan kriteria pemilaian (deskripsi penilaian)  dalam tingkatanya oleh karena itu saya mencari beberapa referensi rubrik asesmen untuk menjadi tuntunan dan juga melakukan riset yang atas bagaimana contoh rubrik yang benar. Tetapi dengan pengalaman kesulitan atau tantangan yang saya alami memberikan beberapa dampak baik untuk membuat rubrik lebih baik.

Pengalaman ini juga memberikan kepercayaan diri dalam merancang rubrik assessment di masa yang akan mendatang. Tidak hanya itu saja bahwa rubric bisa terus disesuaikan dan diperbaiki seiring pengalaman yang saya dapat. Hasil dari rubrik ini menyimpulkan bahwa tidak hanya memberikan hal baik kepada saya yang akan menjadi calon guru tetapi juga para siswa-sisiwi akan mendapatkan hal baik dari penilaian yang baik

Untuk informasi lebih lanjut tentang pengalaman saya silakan hubungi saya di [azkanomarh@gmail.com] Berita ini ditulis oleh [Azkannadiyah Elsyarevah], mahasiswa program Sastra Inggris  di Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun