Mohon tunggu...
Azizah Savira
Azizah Savira Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UNJ

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UNJ

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Persiapan Portal Media saat Membuat Konten

9 Desember 2021   18:12 Diperbarui: 9 Desember 2021   18:15 38 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Azizah Savira - Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UNJ

Dijaman yang sudah modern ini , semakin banyak portal media baru yang bermunculan untuk membuat suatu konten yang akan ditampilkan kepada masyarakat. Namun membuat suatu konten yang dapat menarik masyarakat untuk mengunjunginya bukan lah hal yang mudah informasi atau konten yang diberikan harus up to date sesuai dengan peristiwa yang sedang terjadi.

Menurut hasil presentasi berdasarkan yang diperoleh melalui wawancara teman teman kepada salah satu orang praktisi media dalam mata kuliah manajemen media massa tentang beberapa portal media seperti dari Televisi (IDX Channel dan INews TV) , Radio ( Mahaka Radio Integra dan Radio Dangdut Indonesia), Koran (Koran Kompas), Majalah (Majalah GOAL) dan Portal berita (IDN Times , Jakcity News dan Sisibaik.id) ada beberapa hal yang dilakukan saat sebuah portal media ingin membuat atau menerbitkan sebuah konten. Berikut ini saya akan menjelaskan hal hal tersebut adalah 

  1. Mengetahui atau Beradaptasi dengan Selera Masyarakat

Mencari tau tentang selera masyarakat ,hal yang dilakukan media untuk mengetahui selera masyarakat yaitu pertama, ada beberapa portal media melakukan survei kepada para audiens media tersebut dan melakukan evaluasi beberapa bulan sekali untuk mengetahui apakah konten yang dibuat memiliki banyak peminat atau tidak. Kedua ,hal yang dilakukan dari sebagian portal media adalah  mengikuti trend yang sedang terjadi di setiap harinya tetapi tetap mempertahankan karakteristik media tersebut. Ketiga melihat feedback yang diberikan oleh audiens, apakah feedback negatif atau positif untuk menjadi pertimbangan membuat konten selanjutnya. 

  1. Membuat Konten Secara Kreatif

Membuat konten secara Kreatif  bertujuan untuk menarik audiens untuk melihat konten yang ditayangkan oleh media tersebut. Seperti memberikan gambar yang kualitasnya bagus , tentunya gambar yang sesuai dengan konten, lalu membuat judul yang menarik tapi tidak kearah yang negatif. Semakin menarik konten yang dibuat , maka semakin banyak audiens yang mengunjungi konten tersebut maka akan semakin tinggi nilai pengunjung dalam konten tersebut.

  1. Membuat Konten Secara Cepat dan Akurat

Membuat konten secara cepat dan akurat , semakin cepat konten yang sedang trending di tampilkan maka akan menjadi nilai plus untuk suatu portal media , tetapi selain cepat, konten yang ditampilkan harus akurat sesuai dengan informasi yang ada , tidak memberikan informasi yang palsu atau hoax. Karena jika sedang terjadi suatu peristiwa yang menghebohkan , pasti masyarakat ingin cepat cepat mengetahui tentang peristiwa tersebut oleh karena itu jika suatu portal media menayangkan suatu konten lebih cepat dan akurat maka akan lebih banyak masyarakat yang mengunjungi konten tersebut.

  1. Mendiskusikan Konten yang akan Ditayangkan 

Sebelum konten di publikasi maka akan dilakukan diskusi redaksi terlebih dahulu apakah konten tersebut sesuai dengan kode etik yang ada , konten tersebut juga harus mengandung unsur 5W+1H dan apakah konten ke arah positif atau negatif, jika lebih kearah negatif maka lebih di pertimbangkan lagi apakah konten tersebut ditayangkan atau tidak. Jika kearah yang positif dan telah didiskusikan memenuhi kode etik yang ada maka konten akan di publikasikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan