Mohon tunggu...
aziz ahlaf
aziz ahlaf Mohon Tunggu... Editor - kita hanya berbeda acara dalam menggapai ridho tuhan

setiap kita punya cara unik dalam mengumpulkan pundi-pundi kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tips Ghina Menghafal Al Quran

17 Oktober 2021   03:02 Diperbarui: 17 Oktober 2021   04:03 83 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ponpes hidayatul quran cirebon

Berbekal niat dan dukungan orang terdekat saja terkadang belum cukup kuat untuk menjadi penghafal Al Quran atau hufadz, ada beberapa tips yang juga tidak kalah penting. Setiap orang punya cara unik memilih tips yang ia yakini sangat tepat bagi pemiliknya, terkadang tips yang pernah orang lain lakukan dapat menjadi inspirasi menumbuhkan tips lain yang diciptakan sendiri, atau bahkan tips tersebut dilakukan orang lain, dan ternyata berhasil. Tips yang penulis jumpai dari salah seorang hufadz terbilang sangat unik

Tidur jam 11 siang

Kenapa mesti tidur jam 11 siang, ada apa dengan jam segitu?, pertanyaan serius terhadap pemilik tips. Ia memaparkan kehidupan santri Pondok Pesantren, kegiatan santri dimulai sejak pukul 04.00 dini hari, ada juga yang sejak pukul 03.00 pagi.

Setiap Pondok Pesantren memiliki aturan berbeda, umumnya menghiasi waktu sebelum subuh diisi dengan tadarus Al Quran, hafalan nadzoman kitab awamil jurjani imrithi alfiyah tashrifan nadzhom maqsud, meski kondisi mata berjuang dengan rasa kantuk sangat dahsyat.

Berlanjut usai subuh kegiatan semakin padat, mencuci baju, mandi, memasak, berbenah kamar, kebersihan atau roan, sarapan, persiapan sekolah bagi yang bersekolah formal, seringkali kegiatan tersebut dilakukan dalam antrian panjang sesama santri.

Hingga pada akhirnya bertemu dengan waktu jam 11 siang, perlahan organ tubuh berhadapan kondisi terlelah, mata memberontak untuk dipejamkan, badan protes untuk merebahkan diri, otak mulai kendur, kelelahan tak terbendung hingga terbayang empuknya kasur memanggil.

Meskipun hanya 1 jam menuju pukul 12 siang waktu dzuhur, badan dibaringkan hingga terbangun lagi, seolah merasakan nikmatnya tidur bagaikan ashabul kahfi tertidur pulas di dalam goa selama 300 tahun.

Sekelumit obrolan dengan salah satu ustadzah dari pesantren ternama di Kabupaten Cirebon yang juga seorang tahfidz Al Quran, Ghina biasa dipanggil, pemilik nama lengkap Ghina Muzdalifah Annajmi. Sejak lulus dari MTsN di daerah Ciwaringin Kabupaten Cirebon, niat menjadi hufadz sama sekali belum terbesit dalam benaknya, yang ia tahu hanyalah mengikuti rutinitas pembelajaran dalam pesantren.

Muroja'ah

Mengulang-ulang hafalan ayat dan surat dalam Al Quran secara terus menerus, sesuai jadwal dan target yang ditetapkan pembimbing hafalan, tak sedikit membuat jadwal tambahan oleh sendiri disesuaikan dengan kemampuan daya tangkap hafalan masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan