Mohon tunggu...
Azizah
Azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Bersyukur Itu Penting

4 Maret 2021   17:04 Diperbarui: 4 Maret 2021   17:05 47 2 0 Mohon Tunggu...

Pekenalkan namaku Azizah. Aku seorang mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi negeri. Aku sering mengeluh karena tugas banyak dan tidak paham dengan materi kuliah. Selama kuliah daring ini berlangsung aku terkadang tidak mendengarkan dosen menjelaskan materi kuliah karena sibuk membuka tiktok, bermain game, dan menonton film, sehingga aku tidak paham ketika dosen memberikan tugas. Setiap hari aku sibuk bermain hp sambil rebahan dikamar. Ketika sudah capek main hp aku akhirnya tertidur dan setelah bangun aku pun sadar bahwa banyak tugas yang harus aku kerjakan sebelum deadline.

Kemudian aku bergegas untuk mengerjakan tugas. Saat sedang mengerjakan tugas aku malah keasikan bermain hp dan tidak fokus mengerjakan tugas. Lalu aku bertanya kepada diriku"mengapa aku menjadi malas mengerjakan tugas ketika ada hp di dekatku ya?. Tetapi jika hp aku simpan nanti aku kesusahan mencari tugas karena aku tidak punya buku dan mencari tugas di internet lebih mudah". Setelah itu aku membuka wa dan menchat temanku yang bernama Lidya kisahara yang biasa aku panggil yaya, aku ingin bertanya kepadanya apakah dia sudah mengerjakan tugas atau belum.

Me : "yaya kamu sudah mengerjakan tugas?"

Yaya : "belum, aku terlalu sibuk membuka tiktok dan keasikan menonton film jadi aku lupa mengerjakan tugas"(kasih emot menangis).

Lalu yaya menanyakan balik pertanyaan tersebut.

Yaya : "kalau kamu bagaimana, sudah mengerjakan tugas atau belum?"

Me : "ini aku sedang mengerjakan tugas, tapi aku tidak fokus mengerjakannya karena selama aku mengerjakan tugas aku sering bermain hp untuk membuka tiktok".

Yaya : "setidaknya sebelum mengerjakan tugas hp kita simpan jauh-jauh dulu dari kita agar bisa fokus untuk mengerjakan tugas".

Me : "bagaimana mungkin, hp juga perlu untuk membantu kita mencari tugas karena aku tidak punya buku. Dan mencari tugas di internet lebih gampang".

Yaya :"lalu bagaimana caranya agar kita bisa fokus saat mengerjakan tugas dan tidak sibuk bermain hp?".

Me :"kalau menurut aku coba kita pikirkan orang tua kita yang sudah susah payah bekerja untuk membayar kuliah kita dan cobalah lihat banyak juga teman-teman sebaya dengan kita yang tidak bisa kuliah. Dan sebaiknya kita utamakan yang penting dulu jangan mau tergoda bermain hp hanya untuk membuka tiktok ataupun nonon film, karena jika nanti tugas sudah selesai kita juga bisa bermain hp. Hidup kita, kita yang ngatur".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN