Mohon tunggu...
azas tigor nainggolan
azas tigor nainggolan Mohon Tunggu... Pengacara - Advokat dan Analis Kebijakan Transportasi

Aktivis Perkotaan yang advokat dan Analis Kebijakan Transportasi

Selanjutnya

Tutup

Trip

Menikmati Kota Solo

18 Mei 2024   09:51 Diperbarui: 18 Mei 2024   10:05 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Merasakan Pengalaman Kota Solo.

Jalan jalan atau kongkow kongkow di satu kota memberi pengalaman khusus. Saat merasakan kota kita mendapatkan semangat hidup kita tersebut.  Sudah tiga hari ini saya berada di kota Surakarta atau Solo, Jawa Tengah. Pagi tadi saya olah raga jalan pagi bersama warga peserta pelatihan Analisa Sosial Warga di Solo. Saat warga selesai jalan pagi dan kembali ke hotel, saya menambah perjalanan ke jalan Slamet Riyadi.

Sambil istirahat, minum kopi dan sepotong pisang goreng di satu angkringan pinggir jalan Slamet Riyadi, saya menikmati kota Solo. Saya memperhatikan cara penjual angkringan melayani konsumennya.   Sambil mengisi air panas di kopi pesanan, si penjual kopi bertanya dalam bahasa Jawa, "ini air mau dipenuhi atau cukup?" Si pembeli, tukang gali bangunan menjawab: "tambahi saja biar agak banyak". Ada pengalaman buat saya, keramahan dan kemanusiaan hebat dalam relasi pedagang kecil dengan pembelinya orang kecil juga, buruh gali bangunan. Si penjual tahu dan mau memberi lebih kepada pembeli, agar kopinya lebih banyak. Ya saya merasakan betapa memang "orang kecil kecil lebih punya hati kepada orang kecil". Menikmati kota memberi pengalaman, tidak sekedar melihat.

Kota Solo, 18 Mei 2024
Astina.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun