Mohon tunggu...
Azahra Magdataura B.A
Azahra Magdataura B.A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Saya suka dengan hal baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Seru di Mata Kuliah Penulisan Berita

21 Mei 2024   10:36 Diperbarui: 21 Mei 2024   10:52 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Salah satu motivasi saya untuk masuk jurusan Ilmu Komunikasi ialah karena saya cukup tertarik dalam bidang jurnalistik. Saatlah waktunya tiba pada  semester 4, saya mendapatkan mata kuliah penulisan berita dan penulisan kreatif. Pada awalnya saya sangat penasaran tentang apa saja yang akan dipelajari di mata kuliah ini. Saya menduga-duga, apakah kita akan belajar menulis berita? Apakah kita akan melakukan praktik dalam menulis berita? Atau hanya akan mempelajari materi-materinya saja?

Mata kuliah penulisan berita dan penulisan kreatif ini cukup menarik. Sebagai mahasiswa, tentunya saya mempunyai banyak sekali pengalaman di mata kuliah ini. Pengalaman ini bermacam-macam. Ada hal yang membuat saya senang, sedih, ataupun marah. Perasaan saya sangat bercampur aduk selama mengambil mata kuliah ini. Rasa senang saya dapatkan karena saya dapat merasakan apa yang di alami seorang jurnalis diluar sana. Mulai dari bagaimana mencari sebuah peristiwa yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk menulis berita, bagaimana rasanya terjun langsung untuk meliput berita, serta merasakan bagaimana susahnya menulis berita agar layak di konsumsi publik.

Banyak sekali pengalaman-pengalaman yang saya dapatkan selama belajar di mata kuliah ini. Ada pun rasa sedih dan marah yang saya alami di mata kuliah ini yaitu seperti disaat ada perbedaan pendapat diantara saya dan kelompok saya saat menentukan berita apa yang ingin dimuat. Saat itu, saya dan teman kelompok saya mengalami beberapa perbedaan pendapat yang membuat kami sedikit berdebat. Di saat itulah saya merasa cukup sedih karena perdebatan itu membuat saya dan teman kelompok saya merasa canggung.

Hal yang berkesan selama mengambil mata kuliah ini yaitu saat dimana kita harus berfikir dan memutar otak untuk mencari informasi yang menarik. Saya dan teman-teman kelompok saya harus mencari informasi-informasi terkini yang menarik untuk dijadikan berita. Pada saat itu, tema yang saya dan teman kelompok dapatkan yaitu tentang budaya. Menurut saya mencari informasi terkini tentang budaya cukup sulit. Saya merasa tidak setiap hari orang akan melakukan sesuatu yang berbau budaya, maka dari itu saya dan kelompok cukup mengalami kesulitan. Kami hingga menyelam kedalam Instagram untuk mengetahui apakah akan ada acara atau informasi seputar budaya yang dapat kami tulis sebagai berita. Kami cukup beruntung karena pada saat itu adalah bulan puasa, dimana ada banyak sekali tradisi-tradisi yang dilakukan masyaraat sehingga saya dan teman-teman dapat meliput beberapa berita seputar Ramadhan. 

Mencari dan meliput berita di saat bulan Ramadhan juga menjadi hal yang berkesan selama saya mengambil mata kuliah ini. Dimana saya harus rela panas-panasan dan berpergian kesana kemari di siang hari sambil menahan haus. Dibawah terik nya matahari, dan rasa lelah serta haus yang saya rasakan dan jalani demi mendapatkan berita yang menarik. 

Pengalaman menarik yang saya dapatkan di mata kuliah penulisan berita dan penulisan kreatif ini juga disaat saya dan teman kelompok harus menganalisis suatu berita lalu menjelaskan bagian-bagian penting dalam berita tersebut, kemudian akan dibuatkan podcast. Hal yang saya rasakan ketika mendengar tugas tersebut ialah senang dan cukup bingung. Saya merasa sangat nervous saat harus mempresentasikan analisis tersebut. Terlebih lagi saat ada kendala bahwa mikrofon handphone saya tidak dapat berfungsi. Di saat itu saya sangat panik namun untungnya dosen saya berbaik hati dengan menyuruh saya membuat video presentasi sebagai tugas pengganti. Selanjutnya beralih ke tahap berikutnya yaitu membuat podcast. Lagi-lagi saya merasa panik dan deg-degan karena itu merupakan mengalaman pertama saya untuk melakukan podcast. Atmosfer yang saya rasakan saat di dalam studio itu sangatlah deg-degan dan keringat dingin. Saya merasa takut jika saya akan lupa mengenai apa yang akan saya bicarakan di tengah-tengah podcast berlangsung. Untungnya podcast berlangsung cukup lancar walaupun terdapat sedikit kendala, namun kru-kru yang ada disana sangatlah baik sehingga saya merasa tenang selama podcast berlangsung. 


Itulah pengalaman yang dapat saya berikan selama saya belajar dan mengambil mata kuliah penulisan berita dan penulisan kreatif. Pengalaman ini akan saya ingat selalu. Saya sangat berharap bahwa ilmu-ilmu yang saya dapatkan selama belajar di mata kuliah ini dapat saya terapkan di dunia kerja nanti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun