Mohon tunggu...
Sisca Ayu Febrianti
Sisca Ayu Febrianti Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Diponegoro

Sedang belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sekolah Daring, Mahasiswi Undip Berikan Pelatihan Microsoft Word untuk Pelajar SD

5 Februari 2021   10:00 Diperbarui: 5 Februari 2021   10:30 83 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sekolah Daring, Mahasiswi Undip Berikan Pelatihan Microsoft Word untuk Pelajar SD
Pelaksanaan Pelatihan Microsoft Word (dokpri)

Tembalang, Semarang (25/01/2021) - Adanya Covid-19 mengubah sistem sekolah tatap muka menjadi sekolah jarak jauh, membuat pelajar harus melakukan pembelajaran di rumah. Sekolah jarah jauh mengakibatkan pelajar tidak mendapatkan pelajaran komputer seperti yang seharusnya. 

Permasalahan lainnya yaitu tidak semua pelajar memiliki fasilitas yang memadai untuk mengikuti kegiatan sekolah jarak jauh (daring) yang mengakibatkan pelajar tidak dapat berlatih secara mandiri di rumah.

Sisca Ayu Febrianti mahasiswi KKN TIM 1 Universitas Diponegoro periode 2021 yang dibimbing oleh Bapak Heri Sugito, S.Si., M.Sc. melaksanakan program kerja ke 2 dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs) di RT 02/RW 03 Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Program kerja yang direncanakan yaitu "Pelatihan Microsoft Word untuk Kalangan Pelajar Sekolah Dasar."

Tujuan adanya pelatihan Microsoft Word yaitu untuk mengenalkan bahwa teknologi informasi tidak hanya media hiburan saja. Namun banyak manfaat lain yang didapatkan dalam mempelajari teknologi informasi. Salah satunya adalah adanya alat bantu menulis yaitu Microsoft Word. 

Terlebih lagi di masa pandemi pelajar sekolah dasar tidak mendapatkan pelajaran komputer di sekolah. Sehingga dengan adanya pelatihan diharapkan dapat membantu pelajar dalam mengoperasikan Microsoft Word dengan baik agar setelah pandemi usai pelajar lebih mahir dalam mengoperasikan komputer di sekolah.

Hasil Kreativitas Pelajar (dokpri)
Hasil Kreativitas Pelajar (dokpri)

Pelatihan Microsoft Word sudah laksanakan pada tanggal 25 Januari - 29 Januari 2021 di rumah warga RT 02/RW 03 Kelurahan Bulusan dengan target peserta adalah pelajar sekolah dasar kelas 4-6 yang melaksanakan sekolah secara daring. Mayoritas pelajar di lingkungan RT 02/RW 03 tidak memiliki laptop/komputer pribadi. Sehingga pelajar tidak dapat belajar secara mendiri mengenai pelajaran komputer.

Foto Bersama Pelaksanaan Hari ke-5 (dokpri)
Foto Bersama Pelaksanaan Hari ke-5 (dokpri)

Tingginya antusiasme pelajar membuat pelatihan harus dilaksanakan dalam waktu 2 jam di setiap pertemuannya. Pelajar diajarkan mengenal beberapa fungsi pokok yang ada di Microsoft Word seperti pada menu home, insert, design, dan layout. Materi yang paling disukai yaitu pengenalan menu insert, shape yang dapat digunakan untuk menggambar menggunakan bentuk yang telah disediakan oleh Microsoft Word. Hal tersebut diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan memberi pengalaman tersendiri bagi pelajar dalam mengoperasikan laptop/komputer di masa pandemi yang serba terbatas.

VIDEO PILIHAN