Media

Tips Agar Tidak Kecanduan Gadget

9 Juli 2018   20:31 Diperbarui: 14 Juli 2018   08:59 449 2 1
Tips Agar Tidak Kecanduan Gadget
pinterest.com

Di zaman sekarang siapa sih yang ga punya gadget? Apalagi di Negeri kita ini hampir semua memiliki gadget yang berupa handphone/smartphone

Penyakit yang sudah menyebar istilahnya yaitu bermain smartphone sampai lupa waktu, kalian pasti pernah merasakannya kan? 

Dibalik banyaknya manfaat smartphone seperti mempermudahkan kita untuk mengobrol dengan teman kita yang lagi di luar negeri, membeli barang yang kita suka tanpa pergi ke pasar/mall , dan masih banyak lagi manfaat smartphone ini. Akan tetapi gak sedikit juga kejelekan/ dampak negatif dari bermain smartphone ini, yaitu ketika kita lagi diajak bicara sama orang tua kita atau teman kita , kita selalu menundukkan kepala seakan tidak memperdulikan perkataan mereka, dan ketika kita lagi asyik bermain game online maka waktu kita tiba-tiba akan terkuras , jadi disini kita harus bisa memakai dan memanfaatkan smartphone kita dengan baik. Boleh saja kita mempunyai smartphone tapi ketika kita diajak bicara sama orang lain kita juga harus lebih menghargai mereka dengan sebentar meletakan smartphone  kita untuk mulai berinteraksi dengan mereka.jangan sampai smartphone membuat hubungan yang dekat menjadi jauh , dan yang jauh menjadi dekat guys

berikut biar kalian gak lagi kecanduan smartphone :

1. Hindari smartphone di 30 menit pertama setelah bangun dan 30 menit sebelum tidur.

dailymail.co.uk
dailymail.co.uk
Lebih dari 50% orang dalam penelitian Leslie Perlow mengecek smartphone mereka sebelum dan sesudah tidur. Ketimbang kamu menghabiskan waktu kamu untuk kecanduan smartphone yang paling hanya sekedar cek sosial media atau nge-tweet _ mau bobok nih _ mendingan kamu melakukan hal positif seperti membaca buku, yoga, atau meditasi yang menambah kualitas tidurmu.

2. Buat waktu dan suasana NO PHONE AVAILABLE atau ketiadaannya smartphone dalam kegiatanmu.

pinterest.com/pixelfly
pinterest.com/pixelfly
Sebenarnya kamu kan punya smartphone untuk memudahkan kamu menghubungi temen ya. Apa jadinya kalau lagi ngumpul tapi kalian malah sibuk sama smartphone di tangannya? Nah coba beri diri kamu dan smartphone tersebut jarak agar kamu bisa tenang melakukan suatu hal tanpa harus diganggu dengan notifikasi. Nggak usah lama-lama. Dua jam sehari udah cukup bikin kamu produktif daripada nunduk kecanduan smartphone terus.

3. Get a life, Bro!! Banyakin sosialisasi sama teman atau keluarga.

hangoutamazon.com
hangoutamazon.com
Udah kamu jalan atau olahraga sana sama temen-temen kamu. Ketimbang cuma di dalem rumah. Sumpek kan? Tapi pas jalan nggak usah bawa smartphone. Minimal nggak usah buka-buka smartphone. Biarlah kamu nikmati keseharian kamu tanpa kecanduan smartphone.

4. Jangan lupa tidur gara-gara main smartphone.

lifehack.org
lifehack.org
Gila loooh! Emang nggak pegel itu mata ngeliatin layar terus? Udah capek sama keseharian kamu belajar atau ngantor, nggak perlu kamu tambahin sama kombinasi smartphone di kasur. Mending tidur buat menghadapi hari esok daripada terus kecanduan smartphone kaya gitu, guys.

5. Gunakan HP dengan fitur standar.

pocketgamer.com
pocketgamer.com
Kalau kamu gatel banget untuk nggak berbaur di media sosial, coba deh kamu ganti HP dengan fitur standar. Paling nggak tetep smartphone tapi kalau yang buka Twitter aja langsung nge-lag. Selain harganya murah, udah pasti kamu bakal bete pakai smartphone itu karena nggak bisa ngapa-ngapain.

6. Bikin batasan waktu untuk menggunakan smartphone.

digitalworldhub.com
digitalworldhub.com
Kamu bisa secara bertahap mengurangi pemakaian smartphone. Kalau nggak bisa langsung seharian tanpa smartphone, kamu bisa kok mulai dengan satu jam tanpa smartphone, lalu dua jam tanpa smartphone, sampe akhirnya nggak kecanduan smartphone lagi.