Mohon tunggu...
Ayun EvaFauziah
Ayun EvaFauziah Mohon Tunggu... A'yun Eva

Jawa tengah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kesulitan Peserta Didik dalam Belajar Secara Daring Akibat Covid-19 dan Berdampak pada Orangtua

25 Mei 2021   21:14 Diperbarui: 25 Mei 2021   21:29 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berbicara mengenai kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik yang berpengaruh pada orangtua dalam ketidak siapannya memang tidak asing lagi dalam pembelajaran secara langsung/luring namun dengan adanya covid-19 yang diketahui masuk ke Indonesia pada bulan januari namun sejak bulan maret pemerintah mengumumkan beberapa kasus yang dihadapi masyarakat Indonesia yang sudah terserang virus covid-19 sehingga saat itu pula mulai menjalar hingga saat ini, karena itulah pemerintah memutuskan bagi para pelajar untuk belajar secara online atau yang biasa dikatakan secara daring. Dengan adanya permasalahan seperti itu peran orangtua menjadi orang pertama yang mengontrol sistem belajar anak-anaknya saat pembelajaran daring.

Pembelajaran saat berada di kasus seperti ini tidak semua orangtua mampu menjalankan perannya dengan mengingat kelemahan dalam pengetahuannya sehingga kebanyakan orang tua kesulitan untuk mendampingi anak saat belajar, tidak bergantung kepada pendidik namun peserta didik juga saat pembelajaran daring membutuhkan dampingan orang tua, dengan adanya kasus seperti ini orang tua perlu memperkembangkan segala sesuatu yang berpengaruh pada setiap tingkatan belajar peserta didik.

Pelaksanaan pembelajaran secara daring yang dilakukan peseta didik dapat tercapai dengan maksimal yang pengaruh kesulitannya juga pada orang tua, maka orang tua perlu memahami model-model pembelajaran yang dilaksanakan peserta didik karena ada beberapa pengaruhnya bagi peserta didik yaitu (1) Peserta didik mudah untuk menyerap materi-materi setiap pembelajaran yang dilaksanakan, (2) Peserta didik tidak mudah bergantungan pada orang tua, (3) Peserta didik mempunyai karakter kemandirian, (4) Kreatifitas peserta didik.

Kesiapan peran orang tua pada saat ini penting bagi para peserta didik karena pengaruhnya besar terhadap anaknya sehingga orang tua perlu bekerjasama dengan pendidik agar pencapaian tingkat belajarnya peserta didik dapat terkondisikan dengan baik dan efisien.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun