Mohon tunggu...
Ayudya Lasnia Utami
Ayudya Lasnia Utami Mohon Tunggu... KKN UNDIP

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2020

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Terapkan Makan Ikan guna Menjaga Sistem Imun

13 Agustus 2020   16:58 Diperbarui: 16 Agustus 2020   14:02 68 0 0 Mohon Tunggu...

WONOGIRI (13/8) - Pandemic membuat Kegiatan KKN UNDIP 2020 TIM II menjadi berbeda tidak seperti biasanya seperti yang dilakukan mahasiswi undip bernama Ayudya Lasnia Utami yang melaksanakan kegiatan KKN di desa sendiri dengan melaksanakan 2 program kerja. Tema dari KKN kali ini yaitu pemberdayaan masyarakat di tengah pandemic covid-19 berbasis pada tujuan pembangunan (SDG’s). 

Program pertama yang dilaksanakan yaitu gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) yang telah dilaksanakan pada senin 27 Juli 2020 di Dusun Ploso Gedong Rt 02 Rw 05 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri. 

Dalam menjalankan program kerja GEMARIKAN (Gerakan memasyarakatkan makan ikan) ini dilakukan bersama anak-anak Dusun Ploso Gedong Rt 02 Rw 05 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri kegiatan ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi mengenai GEMARIKAN kemudian dilanjutkan kegiatan mewarnai gambar ikan yang telah disediakan gambar ikan yang digunakan yaitu gambar ikan nila (Oreochromis niloticus) dan gambar ikan lele (Clarias sp) pada lembar gambar tersebut diberi nama kultivan. 

Pemberian nama kultivan juga diberi nama latin hal ini bertujuan untuk menambah pengetahuan anak-anak mengenai nama latin dari setiap ikan yang ada.

Kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan minat anak-anak untuk makan ikan yaitu dengan membuat olahan yang baru menggunakan bahan baku berupa ikan. 

Dalam kegiatan ini saya membuat lumpia isi ikan. Lumpia ini dibuat dengan menggunakan isian yang sangat sehat antara lain daging ikan nila, wortel dan daun bawang hal ini bertujuan selain membuat anak-anak tidak bosan dengan makan ikan yang dibuat lauk maka disini saya mengubah ikan menjadi snack selain itu isian yang digunakan menggunakan sayur hal ini bertujuan untuk membuat anak-anak menjadi menyukai sayur mayur. 

Dalam menjalankan program kerja ini juga menggunakan poster yang diletakkan ditempat-tempat umum agar banyak masyarakat yang mengetahui manfaat makan ikan sehingga banyak masyarakat yang memilih makan ikan.

Tujuan dari program kerja ini yaitu untuk membuat masyarakat menjadi lebih menyukai makan ikan terutama mulai dari anak-anak, selain itu tujuan lain dari kegiatan ini yaitu untuk memberitahu bahwa ikan tidak hanya dapat diolah untuk lauk pauk melainkan dapat diolah menjadi berbagai macam snack. Respon anak-anak yang mengikuti acara ini sangat antusias dari awal kegiatan hingga akhir kegiatan berlangsung.

Program kedua yang dilakukan yaitu sosialisasi dan demonstrasi mengenai cara budidaya secara sederhana dengan memanfaatkan ember bekas yang sudah tidak dipakai yang telah dilakukan pada minggu 2 Agustus 2020 di Dusun Ploso Desa Gedong Rt 02 Rw 05 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan 6 peserta dan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti sebelum masuk kedalam ruangan peserta melakukan cuci tangan terlebih dahulu, pada saat kegiatan berlangung peserta selalu menggunakan masker dan selalu jaga jarak dengan peserta yang lain. Selain itu dilakukan sosialisasi dengan sistem door to door dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Poster juga disiapkan untuk menambah pengetahuan masyarakat mengenai budidaya dengan sistem yang sederhana ini, poster-poster tersebut juga dipasang di pos ronda.

dokpri
dokpri
Alat-alat yang digunakan untuk kegiatan budidaya ikan menggunkan ember dengan menerapkan sistem akuaponik antara lain ember bekas, gelas plastik, kawat, arang, kapas, bibit kangkung, bibit lele, air dan solder. Adapula langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu pertama-tama siapkan alat dan bahan yang akan digunakan, setelah itu gelas plastik tersebut dilubangi menggunakan solder. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x