Mohon tunggu...
Ayu Hendranata
Ayu Hendranata Mohon Tunggu... Nasionalist and Social Media Influencer

Financial planner & Enterpreneur

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Jaket Garuda Membangkitkan Semangat Kebangsaan ke Penjuru Negeri

7 Juni 2019   16:33 Diperbarui: 7 Juni 2019   21:23 0 2 1 Mohon Tunggu...
Jaket Garuda Membangkitkan Semangat Kebangsaan ke Penjuru Negeri
Garuda Ku | dokpri

Keprihatinan, seperti halnya kebanggaan, dan juga kecemasan seperti halnya optimisme---semua itu adalah pertanda rasa ikut memiliki. Atau rasa terpanggil. Barangkali karena tanah air memang bukan cuma sepotong geografi dan selintas sejarah. Barangkali karena tanah air adalah juga sebuah panggilan ~ Goenawan Muhammad ~

Pulau Kelor  | dokpri
Pulau Kelor  | dokpri
Kutipan kalimat kebangsaan di atas sangat terasa dan seakan merupakan sebuah panggilan tersendiri bagi kami untuk bisa memperkenalkan karya karya anak bangsa yang luar biasa. Salah satunya design Garuda Culture of Indonesia sentuhan karya dari insan bangsa @DhikaKhodok.
Design Garuda ini sendiri berkonsep Bhinneka Tunggal Ika yang awalnya dibuat tanggal 16 Agustus 2018 tahun lalu, sebagai tribute Dirgahayu Indonesia ke 73.

Inspirasi design Garuda Culture of Indonesia ini sendiri bermula karena keprihatinan Dhika akan anak anak muda saat ini yang mungkin sudah jarang peduli terhadap kebudayaan indonesia. Banyak masuknya pengaruh budaya hype luar serta menjadi saksi nyata dari banyak acara/kegiatan kebudayaan yang diikutinya namun  sangat jarang sekali Dhika melihat anak muda Indonesia datang bahkan tertarik untuk berpartisipasi. "Kebetulan Saya menggeluti ilustrasi vektor, nah akhirnya terpikirkan untuk membuat sebuah ilustrasi dari kebudayaan kebudayaan yang ada di indonesia, menyebarkannya ke media sosial, divsanalah anak anak muda lebih banyak menghabiskan waktunya. Jadi intinya mengantarkan budaya kepada mereka,ini lah yang kemudian memotivasi saya membuat design ini" Ujar Dhika menjelaskan.

Beautiful Indonesia | dokpri
Beautiful Indonesia | dokpri

Dhika pun menambahkan  bahwa proses awal pemilihan design gambar masih random, pertama  dibuat dalam ilustrasi penari bali, kemudian barong bali, tari topeng , dan lain lain  dan setiap yang dibuatnya terlebih dahulu dicari tau asal usul dan sejarahnya . Kemudian semua ilustrasi budaya budaya seni tersebut disatukannya menjadi sebuah design dalam "Garuda Pancasila" , yang melambangkan "Bhinneka Tunggal Ika" dengan keanekaragaman budaya di dalamnya,namun  tetap satu Indonesia.

Kemudian Seiring waktu berjalan, pesta demokrasi pun begitu semangat mewarnai negeri ini. Setelah Jaket edisi Pop art memberi warna warni dalam pesta demokrasi 2019 awal tahun lalu , kami pun diberi jalan oleh pemilik Alam semesta untuk berkolaborasi dengan @Dhikakhodok serta label baru saya 4H&Me (@Ayu_Hendranata) dan dukungan dari Konseptor handal kami Mas Rudy Effendy ( @Kayala_Indonesiaku) membuat karya yang kami beri nama "Garuda Culture of Indonesia" dalam bentuk Jaket.

Garuda Goes To China | dokpri
Garuda Goes To China | dokpri
Jaket ini kami produksi dan  launching pertama kali sekaligus memanfaatkan moment bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila (Tanggal 1 Juni 2019) lalu. Jaket di design 4 seri (warna merah putih, hitam,merah dan putih) dengan bahan Polyster premium yang nyaman, anti air dengan kualitas zipper yang bagus dari VMX ,design gambar Garuda di bagian belakang yang melambangkan keberagaman budaya serta dilengan Kiri dan kanan bertuliskan "INDONESIA" dengan gambar budaya dan seni negeri yang begitu indah menandakan bahwa negeri yang majemuk ini sudah saatnya terbang memperkenalkan Keberagaman budaya Indonesia melalui sentuhan fashion.

Kami sadar ,sebagai generasi Optimis saat ini mungkin kita sedang dihadapi dengan rasa nasionalisme yang semakin terkikis . Padahal Kita tidak seharusnya lupa bahwa kebaikan masa depan bangsa ini justru adalah ketika jiwa-jiwa penghianatan terhadap Pancasila itu terkikis habis.

Garuda Culture Of Indonesia | dokpri
Garuda Culture Of Indonesia | dokpri

Dan sebagai bangsa yang besar Kita harus siap berbenah dan terus memperbaiki, siap maju dan melaju bukan mengambil jalan kemunduran. Karya Jaket Garuda Culture of Indonesia ini menjadi kontribusi anak bangsa untuk turut serta memberi warisan yang berarti sekaligus Pengingat bagi generasi akan datang bahwa sejatinya kita adalah Pancasila, perbedaan itu adalah sesuatu yang indah dan persatuan lah yang menjadikan kita semakin kuat.

Seperti kutipan dalam Pidato Bung Karno,74 tahun yang silam berikut ini :

"Maka manakah yang dinamakan tanah tumpah darah kita, tanah air kita ? Menurut geopolitik, maka Indonesialah tanah air kita. Indonesia yang bulat, bukan Jawa saja, bukan Sumatera saja, atau Borneo saja, atau Selebes saja, atau Ambon saja, atau Maluku saja, tetapi segenap kepulauan yang ditunjuk oleh Allah s.w.t. menjadi suatu kesatuan antara dua benua dan dua samudera, itulah tanah air kita" (Pidato Bung Karno,1 Juni 1945).

Dan saat tulisan ini saya buat ,moment liburan pun sangat dimanfaatkan oleh para pecinta karya kami dengan membawa Garuda mengepakkan sayapnya ke penjuru negeri bahkan dunia,dengan mengabadikan begitu banyak moment moment yang indah berbalutkan Jaket Kebanggaan Garuda Culture of Indonesia kemanapun mereka melangkah dengan semangat nasionalisme yang tinggi dan pastinya karena kecintaan yang begitu tulus akan negeri ini.

Garuda Goes to San Marino | dokpri
Garuda Goes to San Marino | dokpri

Indonesia boleh saja telah merdeka sejak lama namun ini lah saatnya Kita memerdekakan hati dari segala perselisihan,egoisme dan pertentangan yang dapat merusak persatuan negeri ini.

Dan hanya dengan semangat kebangsaan yang dipikul oleh perasaan keadilan dan kemanusiaan lah yang dapat mengantar kita maju dalam sejarah dunia.

Terbanglah Garuda Ku, bawalah perdamaian kemanapun kau pergi , Kemanapun ku Pergi, Indonesia tetap Tanah Air Ku, Jiwa Ku dan Tumpah Darahku.

Terima kasih Tuhan.

Salam Persatuan

Love
~Ayu Hendranata~