Mohon tunggu...
ayu susanti
ayu susanti Mohon Tunggu... Freelancer - freelancer

just share my thought

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

5 Penyebab Wajah Anda Terlihat Tua

24 November 2022   19:55 Diperbarui: 24 November 2022   20:07 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber:pixabay-image young old

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa wajah Anda terlihat lebih tua dari usia Anda? Mengapa kerutan yang dalam terkadang muncul meskipun usia Anda masih muda? Mengapa keriput dan garis-garis halus muncul jauh lebih awal daripada mereka yang memiliki kelompok usia yang sama. Apakah itu faktor genetika atau lingkungan. Ada begitu banyak faktor yang tidak diketahui yang menyebabkan wajah terlihat tua. Mari kita bahas satu persatu ya...

1. Tidak Memakai Sunscreen / Tabir Surya

Cahaya matahari bisa menimbulkan penuaan pada kulit, menimbulkan keriput serta tanda kehancuran kulit. Inilah sebabnya kenapa tabir surya sanagt penting. Bila Anda tidak mengenakan tabir surya serta senantiasa terpapar cahaya matahari, perihal ini bisa tingkatkan resiko terserang kanker kulit.

2.Kurangnya  Istirahat

Tidak cukup tidur dapat mempercepat proses penuaan karena tubuh Anda gagal memperbaharui dirinya dengan cepat. Tidur juga penting dalam menjaga kesehatan fisik dan emosional. Ketika Anda tidak cukup tidur, Anda mungkin menumpuk produk sampingan beracun yang menjadi kerusakan pada sel-sel kulit, yang dapat membuat penampilan wajah Anda kusam dan menua.

3.Stres Berlebihan

Banyak pikiran merupakan kenyataan kehidupan setiap orang. Akan tetapi jika sampai stress akibat tekanan pikiran ini bisa berakibat fatal pada kesehatan kita, terutama kesehatan kulit kita yang dapat  mempengaruhi dan  menimbulkan penuaan dini. jika kita terlalu stress, badan akan memproduksi kortisol serta adrenalin, dimana itu sangat berpengaruh pada kulit. Tekanan pikiran juga dapat menimbulkan kerutan dini karena hilangnya elastisitas serta kehancuran kolagen. Kerutan tumbuh akibat ekspresi wajah kita yang terlalu sering berulang- ulang mengerutkan kening, tersenyum cemberut yang bisa menimbulkan isyarat penuaan dini semacam crows feet( kerutan di dekat mata), garis dahi ataupun garis kerutan.

4.Tidak Berolahrga

Tujuan berolahraga sebenarnya untuk membuat tubuh kita sehat dan bugar, karena dengan tubuh yang sehat wajah terlihat lebih muda dan bersemangat. Agar wajah kita tidak cepat menua disarankan berolahraga secara teratur. Anda harus tahu bahwa ketika Anda berolahraga selama 15-30 menit setiap hari, aliran darah Anda akan meningkat dan akibatnya membuat wajah Anda terlihat lebih muda dari sebelumnya. Selain itu, ketika Anda berolahraga selama sekitar 20 menit sebelum tidur, itu akan membantu Anda tidur lebih nyenyak dan dalam studi klinis terbukti bahwa orang yang cukup tidur akan menua lebih lambat karena tekstur kulit yang lebih baik dan warna kulit yang lebih kencang.

5.Kurangnya Air Putih

Menghidrasi tubuh Anda adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah minum banyak air agar menjaga kulit kita tetap terhidrasi yang membuat sel-sel kita tetap lentur. Di sisi lain, kurangnya mengonsumsi air dapat  menyebabkan pembentukan keriput dan garis-garis halus secara prematur.

Hal terbaik tentang minum air putih adalah tidak hanya menjaga kulit Anda terlihat segar akan  tetapi juga telah dikaitkan dengan kadar kolesterol yang lebih rendah dan peningkatan kesehatan pencernaan.mengonsumsi cukup air juga dapat  melindungi terhadap kondisi kesehatan seperti diabetes atau penyakit jantung juga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun