Mohon tunggu...
Ayu Saptarika
Ayu Saptarika Mohon Tunggu... Business Development, Novelis '3 ON 3', Blogger, Traveler. See more travel photography & video on Instagram: @ayuliqui

Passionate, Adventurous, Art & Music Lover https://maria-ayu.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

9 Tujuan Wisata Moscow yang Bikin Ingin Kembali Lagi!

21 Desember 2019   04:30 Diperbarui: 22 Desember 2019   10:50 1464 16 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
9 Tujuan Wisata Moscow yang Bikin Ingin Kembali Lagi!
Red Square Moscow. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Pilihan musim dapat membuat perjalanan Anda semakin spesial. Jika bertanya pada saya, musim gugur saat daun di pepohonan menguning bahkan kemerahan lantas berguguran adalah musim favorit. 

Momen sebelum musim salju ini selalu cantik dan unik di negara empat musim.

Pertengahan Oktober lalu, saya berkesempatan pergi ke Rusia. Saya mengunjungi dua kota, yaitu Moscow dan St. Petersburg. Selain pemandangan daun berguguran, dekorasi natal sudah terlihat di banyak tempat.

Pada artikel ini saya akan bercerita tentang perjalanan di kota Moscow yang keindahan kota, kerajinan tangan, dan hasil keseniannya membuat saya sungguh terpesona.

Suasana Natal di Pusat Perbelanjaan GUM, Red Square. Sumber: Dokumentasi Pribadi
Suasana Natal di Pusat Perbelanjaan GUM, Red Square. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Suhu udara Moscow saat musim gugur di bawah 8 dan sering drop mencapai minus hingga bersalju. Menurut pemandu setempat, suhu udara di Rusia sering tak menentu. 

Kontras dengan cuaca, Moscow memiliki banyak bangunan berwarna-warni. Pintu bangunan umumnya berlapis dua untuk menghalau dingin serta angin.

Perjalanan ke Moscow ditempuh 12 jam terbang dari Jakarta. Mendarat di Bandara Domodedovo, waktu di Moscow 4 jam lebih lambat dari Jakarta. 

Bagi yang berkunjung saat musim gugur harus siap jaket tebal, topi, penutup telinga, sarung tangan, payung, kaos kaki tebal, dan sepatu nyaman. Memiliki pemandu yang bisa bahasa Rusia disarankan sebab seluruh instruksi dan peta belum berbahasa Inggris.

Berikut ini tempat tujuan wisata di Moscow yang saya kunjungi dan bikin ingin kembali lagi!

1. Sergiev Posad

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x