Mohon tunggu...
Ayra Amirah
Ayra Amirah Mohon Tunggu... Penulis - Penulis cerpen

Antologi cerpen: A Book with Hundred Colors of Story (jilid 1) dan Sewindu dalam Kota Cerita

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Manfaat Praktik Tata Boga dalam Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan

27 November 2022   10:55 Diperbarui: 27 November 2022   18:16 699
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Sudah mencatat rincian bahan dan cara membuat menu Spaghetti?"

"Sudah."

"Sudah dibagikan ke grup?"

"Sudah ada pembagian tugas, siapa saja yang membawa peralatan?"

"Apa tanggapan teman-teman?"

Itulah di antaranya pertanyaan yang saya lontarkan kepada anak sulung kami, sebelum tiba hari Jumat, jadwal praktikum kelas VIII B.

Saya adalah ibu yang cenderung bawel. Saya tidak pernah telat memperhatikan apa saja kegiatan kedua anak kami di sekolah. Apalagi si sulung sering ditunjuk oleh wali kelasnya untuk memimpin teman-temannya.

Saya menyadari pentingnya dukungan orang tua terhadap keaktifan dan perkembangan kemampuan anak di sekolah. Orang tua dan pihak sekolah, perlu bersinergi untuk mencapai tujuan pendidikan.

Contoh, saat si sulung menjadi ketua majalah dinding (mading) kelas, dia membutuhkan lebih banyak waktu untuk pekerjaannya. Maka, saya tidak lagi membebaninya untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah seperti biasanya. Dan ini tidak berlangsung lama.

Selain memberi arahan yang diperlukan, saya juga meminta si sulung melakukan jeda istirahat dan melakukan sholat. Dengan demikian dia bisa mengendurkan ketegangan karena berkonsentrasi selama beberapa waktu.

Karya untuk mading|dokpri
Karya untuk mading|dokpri

Membuat karya tulis dan gambar untuk mengisi mading, bermanfaat mengembangkan potensi dirinya dan melatih apresiasi terhadap seni. Kebetulan, sejak kecil si sulung sangat suka menggambar.

Praktik Tata Boga di Kelas

Dua pekan terakhir, si sulung terlihat sibuk mempersiapkan kegiatan memasak yang dilakukan secara kelompok, di kelasnya.

Dia membuat grup perpesanan praktik tata boga, mengumpulkan iuran dari teman-temannya, dan mengatur segala sesuatunya dalam grup.

Dia meminta saya menemaninya berbelanja bahan masakan pada dua hari sebelum eksekusi. Membawa secarik kertas berisi daftar bahan kebutuhan, lalu memilih-milih ukuran yang sesuai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun