Mohon tunggu...
Ayom Hadikusuma
Ayom Hadikusuma Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar/Mahasiswa

Penulis baru

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

AR Learning Centre Kembali Adakan Pelatihan Certified Financial Report Secara Online

30 November 2021   12:15 Diperbarui: 30 November 2021   12:29 39 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Yogyakarta -- Laporan keuangan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perusahaan dan menjadi cerminan bagaimana kondisi sehat atau tidaknya suatu perusahaan dari sudut pandang keuangan. 

Oleh sebab itu, semua perusahaan tidak terkecuali usaha mikro kecil dan menengah perlu melakukan penyusunan laporan keuangan agar dapat memantau usaha atau bisnis yang dilakukannya. 

Selain itu, laporan keuangan juga berguna bagi pihak eksternal seperti bank, investor, dan pemerintah untuk kepentingan tertentu seperti untuk urusan administrasi kredit, pajak, dan lain sebagainya.

Kondisi ini menyebabkan perusahaan harus menyiapkan laporan keuangan yang baik dan didukung dengan tenaga kerja yang memahami laporan keuangan. Saat ini, kebutuhan tenaga kerja dengan ketrampilan tersebut terus meningkat disebabkan oleh tumbuhnya wirausaha-wirausaha baru dan kebutuhan perusahaan untuk berkembang.

Menyikapi kondisi ini, Lembaga AR Learning Center kembali menyelenggarakan pelatihan bersertifikat untuk keahlian laporan keuangan atau yang dikenal dengan Certified Financial Report (C.FR). Pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui grup Whatsapp dan rapat Zoom selama 3 (tiga) hari yaitu sejak tanggal 24-26 November 2021. 

Pelatihan ini menghadirkan narasumber praktisi keuangan yaitu Bapak Muhammad Akbar Widagdo Mahamboro, S.E. dengan dimoderatori oleh Ibu Maulida Nurhasanah. Pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 28 orang peserta yang berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia dan berbagai macam profesi seperti dosen, mahasiswa, wiraswasta, trainer, dan lain-lain.

Kegiatan pelatihan Certified Financial Report (C.FR) ini terdiri dari tiga sesi utama. Pada hari Rabu, 24 November 2021, diadakan sesi pertama yaitu perkenalan anggota, narasumber, penyampaian profil AR Learning Centre, dan penyampaian materi dan kegiatan pelatihan. 

Kemudian, pada hari Kamis, 25 November 2021 diadakan sesi kedua yaitu penyampaian materi pentingnya laporan keuangan, penyusunan laporan keuangan, dan materi konsep Cash Basis dan Accrual Basis. Selanjutnya, pada hari Jumat, 26 November 2021, diadakan sesi ketiga yaitu pembagian notulensi materi, penjelasan ketentuan tugas akhir, dan pembagian tugas akhir.

Pada saat sesi kedua yaitu hari Kamis, 25 November 2021, materi yang disampaikan adalah acuan dan prinsip-prinsip dalam melakukan analisis transaksi bisnis, siklus akuntansi dasar, dan penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi.  

Saat materi ini juga dijelaskan perbedaan antara Cash Basis dan Accrual Basis dan cara pengunaan dari masing-masing basis laporan keuangan tersebut. 

Meskipun materi mengenai laporan keuangan ini cukup banyak dan cukup berat, namun narasumber mampu memberikan penjelasan dengan baik dan mudah dipahami oleh peserta. Hal ini didukung dengan suasana kelas yang kondusif dan selalu ada peserta yang aktif bertanya atau menanggapi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan