Mohon tunggu...
Mimin Darwati
Mimin Darwati Mohon Tunggu... Peternak - dagingayam.id - Marketing

Ayam frozen adalah daging ayam yang masih mentah lalu dibekukan. Namun, stigma masyarakat mengenai ayam frozen ini buruk karena menurut masyarakat ayam frozen merupakan ayam yang sudah basi lalu dibekukan, padahal tidak basi sama sekali. Maksud dari perusahaan RPA membekukan ayam ini adalah untuk menjaga nutrisi, tekstur, dan kesegarannya. Langkah-langkah menjadikan ayam frozen adalah yang mempertama memotong ayam yang steril sesuai dengan standar MUI yang sudah ditetapkan untuk keamanan pangan yang halal dan aman. Setelah melakukan pemotongan ayam dibekukan menggunakan mesin blast agar mempersingkat waktu. Pada proses pembekuan membutuhkan suhu minus 20 derajat agar menghambat pertumbuhan bakteri.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Keunggulan Daging Ayam Frozen

23 September 2022   12:22 Diperbarui: 23 September 2022   12:42 38 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Siapa sih yang tidak suka makan daging ayam? Sepertinya semua orang, semua kalangan menyukai makan daging ayam. Apalagi dengan kandungan protein yang terdapat pada daging ayam yang membuat semua orang menyukai mengkonsumsi daging ayam. Untuk memenuhi kebutuhan manusia mengkonsumsi daging ayam sebuah perusahan mendirikan RPA (Rumah Potong Ayam) untuk memproduksi ayam dengan jumlah yang banyak, maka dari itu perusahaan RPA menjadikan produk daging ayam di bekukan atau disebut dengan ayam frozen.

Sebelum membahas lebih dalam ayam frozen, ayam utuh adalah ayam boiler yang sudah dipotong dan dibului yang masih lengkap dengan bagian anggota tubuhnya. Namun pada bagian yang ada di dalam tubuh ayam tidak termasuk kategori ayam utuh seperti jantung, hati, ampela, dan usus atau yang sering disebut dengan jeroan ayam. Jeroan ayam ini dijual terpisah bukan gabungan dari ayam utuh. Untuk bagian kepala, dan cakar masih dalam satu kesatuan ayam utuh untuk dijual. Penjual ayam pun menyediakan ayam utuh untuk diperjualbelikan di pasar. 

Ayam frozen adalah daging ayam yang masih mentah lalu dibekukan. Namun, stigma masyarakat mengenai ayam frozen ini buruk karena menurut masyarakat ayam frozen merupakan ayam yang sudah basi lalu dibekukan, padahal tidak basi sama sekali. Maksud dari perusahaan RPA membekukan ayam ini adalah untuk menjaga nutrisi, tekstur, dan kesegarannya. Langkah-langkah menjadikan ayam frozen adalah yang mempertama memotong ayam yang steril sesuai dengan standar MUI yang sudah ditetapkan untuk keamanan pangan yang halal dan aman. Setelah melakukan pemotongan ayam dibekukan menggunakan mesin blast agar mempersingkat waktu. Pada proses pembekuan membutuhkan suhu minus 20 derajat agar menghambat pertumbuhan bakteri.

Jika berbicara mengenai ayam fresh, tentunya berbeda dengan ayam frozen. Untuk ayam fresh masih menggunakan pemotongan tradisional dan produk yang dihasilkan oleh pemotongannya tentu tidak sebanyak pemotongan ayam frozen, karena ayam fresh setelah dipotong langsung dijual pada saat itu juga dan jika tidak laku pastinya ayam fresh akan membusuk. Mengenai ketahanan ayam frozen lebih tahan lama dengan ayam fresh karena ayam frozen dibekukan terlebih dahulu sebelum diperjualkan. Jika ditanya ayam frozen atau ayam fresh, ayam frozen lah yang harusnya dipilih oleh masyarakat, namun tidak menutup kemungkinan kalau ayam fresh juga baik. Baik ayam frozen dan ayam fresh pastinya memiliki kelebihan dan kekerungan.

Perusahaan RPA menggunakan alat yang sudah aman dan sesuai dengan standar yang baik, harga yang ditawarkan tidak jauh beda dengan harga ayam fresh. Sehingga harga yang ditawarkan sudah termasuk harga produk daging ayam frozen murah. Bagaimana tidak, sudah melewati proses alat yang mumpuni dan tentunya aman serta halal lalu dengan harga yang hampir sama dengan ayam fresh tentunya ayam frozen bisa dikatakan ayam frozen murah.

Masalah bau ayam frozen tidak memiliki bau yang spesifik, atau tidak memiliki bau yang kuat yang tak sedap bila terhirup oleh hidung manusia. Seperti yang sudah dijelaskan di atas ayam frozen yang diproduksi oleh RPA sudah memiliki sertifikat halal. Halal juga bukan hanya sekadar tulisan belaka, namun halal yag dimaksud disini adalah alat yang digunakan untuk memperoleh produksi daging ayam yang sehat, aman, utuh, dan berkualitas. Alat atau mesin yang digunakan di RPA juga aman  dan berstandar MUI, istilahnya mesin perusahaan RPA sudah lolos uji sehingga tidak menyakiti ayam saat proses pemotongan. Sudah dipastikan produk daging ayam yang dipasarkan oleh perusahaan RPA halal dan aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Bagian potongan ayam yang digemari oleh masyarakat yaitu bagian dada ayam, karena pada dada ayam lebih banyak dagingnya dibandingkan dengan bagian potongan ayam yang lainnya. Dada ayam frozen lebih diminati masyarakat dibanding yang lain maka dari itu perusahaan RPA tidak hanya memproduksi ayam utuh untuk dijual tetapi ada bagian bagian ayam yang lain. Misalnya, sayap, kepala, ceker, paha, dada, kulit, hati, jantung, usus, dan ampela. Bagian potongan dada ayam juga tetdapat potongan dada tanpa tulang dengan kulit, setengah dada boneless, dan dada tanpa tulang tanpa kulit.

Dada ayam dikenal dengan kandungan protein yang tinggi. Bagian ayam ini seringkali menjadi pilihan makanan bagi orang yang sedang menjalani diet. Dada ayam merupakan salah satu makanan bergizi karena kandungan proteinnya yang tinggi. Manfaat mengkonsumsi dada ayam bagi kesehatan tubuh ialah membangun massa otot, menekan rasa lapar dan nafsu makan,menjaga kesehatan tulang, meningkatkan metabolisme, dan menjaga agar tubuh tetap fit. Selain itu bagi para penggiat olahraga daging dada ayambisa membentuk tubuh lebih berotot.

Mengkonsumsi daging dada ayam lebih ramah dikantong dibandingkan dengan membeli daging sapi. Bahkan dimanapun banyak orang yang menjual daging ayam entah itu di pasar, di supermarket, maupun toko online. Selain ramah di kantong masyarakat daging dada ayam lebih lezat dan banyak diminati oleh masyarakat pada umumnya khususnya bagi anak-anak yang suka dengan bagian daging dada ayam ini karena banyak dagingnya. Maka dari untuk memenuhi protein pada tubuh manusia menggunakan daging dada ayam lebih murah dibandingkan mengkonsumsi daging sapi.

Selain bagian daging dada ayam, ayam juga memiliki bagian yang ada di dalam tubuh ayam yaitu jeroan, untuk jeroan terdapat usus, ampela, jantung, dan hati ayam. Hati ayam adalah makanan yang sering dipandang sebelah mata. Organ jeroan ini biasa dijual murah dan bukan menjadi konsumsi protein. Apalagi dibandingkan dengan dada ayam yang menjadi andalan orang-orang yang ingin hidup sehat. Hati ayam merupakansumber nutrisi yang luar biasa untuk tubuh manusia. Hati ayam yang mengandung vit B bermanfaat untuk mengubah makanan menjadi energi yang bisa digunakan dalam tubuh dan bisa juga untuk perbaikan sel dan sintesis DNA. Tak hanya vitamin, hati ayam juga kaya protein, karbohidrat dan lemak. Jika diolah dan dikonsumsi secara tepat, hati ayam akan membawa manfaat baik bagi kesehatan.

Ini baru manfaat dari daging dada ayam dan hati ayam belum lagi bagian daging ayam yang lainnya, tentunya daging ayam kaya akan protein dan nutrisi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan