Miftahudin
Miftahudin Kompasianer Brebes

Penulis adalah seorang guru yang suka menulis.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ngga Ada Noda Ngga Belajar

6 Mei 2018   09:15 Diperbarui: 6 Mei 2018   10:06 464 0 0

Masih ingatkah dengan sebuah iklan yang didalamnya ada pesan " ngga ada noda ngga belajar " kurang lebih begitu. Pastinya ingat kan? Penulis pun masih ingat. Sungguh pesan moral sebuah iklan yang sangat baik pastinya. Lebih-lebih kalau kita mau mengajarkan kepada anak-anak kita yang tidak mau bernoda-noda ( takut kotor ). 

Pesan itu begitu menghipnotis hingga mulai banyak sekarang anak-anak yang tidak takut kotor lagi. Sungguh bagus sekali bagi perkembangan anak. Pesan moral yang kalau kita pahami secara positif akan menjadi positif. Tapi pesan moral itu agaknya dipahami berbeda bagi kalangan remaja ( siswa siswi SMP atau SMA )

Pemahaman yang salah kaprah yang dilakukan oleh para remaja ketika perayaan kelulusan. "Ga Ada Noda Ga Belajar " ini mereka maknai sebuah kegiatan yang tidak hanya menodai ( mencorat-coret ) baju saja, akan tetapi kegiatan saling menodai dalam arti sesungguhnya. Entah apa yang ada dibenak pikiran mereka hingga harus melakukan perayaan seperti itu.

Miris, iya. Sedang viral perayaan kelulusan sebuah SMA entah dimana tempatnya yang menampilkan adegan yang tidak baik. Ini semua semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Jangan saling menyalahkan pihak-pihak tertentu. Tapi ini semua adalah tanggungjawab kita bersama.