Mohon tunggu...
Aya Sofya
Aya Sofya Mohon Tunggu... Lainnya - Saya suka menulis, karena kalo suka kamu sia-sia.

Qs Ghafir : 44

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

3 Ayat dari Al Quran Dapat Sembuhkan Patah Hatimu

1 Februari 2023   10:25 Diperbarui: 1 Februari 2023   11:51 1401
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pexels.com/Alenadarmel

Apa yang membuat seseorang kecewa? Ekspektasi yang berlebihan. Apa yang membuat seseorang patah hati? Rasa sayang yang berlebihan. 

Pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, seperti nasehat Ali Bin Abi Thalib "Cintailah orang yang engkau kasihi sekedarnnya saja karena boleh jadi kelak engkau akan membencinya. Bencilah orang yang engkau benci juga sekedarnya saja karena boleh jadi kelak dia akan menjadi orang yang engkau cintai". Dari nasihat ini dapat dipahami bahwa hendaknya kita berhati-hati dalam meletakkan rasa cinta ataupun rasa benci, jangan sampai berlebihan karena akan berujung kegundahan.

Namun ketika sudah terlanjur, tak ada jalan kembali yang lebih baik selain kembali kepada Allah, dengan mengakui kelemahan kita sebagai manusia dan bersabar akan apa yang sedang menimpa. Berikut 3 Ayat dalam Al-quran yang dapat menyembuhkan patah hatimu:

1. Allah Memberikan Kita Cobaan Karena Kita Sanggup

Dalam QS : Al-Baqarah ayat 286 Allah berfirman "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya". 


Sebagai seorang muslim hendaklah berprasangka baik kepada Allah dengan selalu beranggapan bahwa segala macam bentuk masalah yang kita hadapi karena Allah percaya kita mampu menghadapinya.

Bisa jadi patah hati yang kamu rasakan saat ini sebagai titik balik kembali kepada Allah. Sudah sejauh mana jarak antara sajadah dan keningmu? Selalai apa ibadahmu? Sesunyi apa lidahmu berdzikir mengingat Allah. Allah merindukanmu, maka kembalilah.

Bukankah setiap rasa kecewa seperti patah hati disebabkan kesalahan kita sendiri? Tentu salah kita, karna berharap kepada selain Allah. Sepatutnya kita tau, pengharapan kepada selain Allah hanya akan berbuah kekecewaan.

2. Baik Bagimu Belum Tentu Baik Bagi Allah

Seseorang Allah hadirkan dalam hidupmu bukan tanpa alasan, pasti ada suatu  pembelajaran, begitupun setiap hal yang terjadi kepadamu pasti ada hikmah tersembunyi yang belum kamu tau. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun