Mohon tunggu...
Kang Wahyu
Kang Wahyu Mohon Tunggu... Kaum Adam

"Satu titik cantik jauh lebih menarik dari sekian banyak titik yang lupa lirik."

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Tengah Berencana tapi Bukan tentang Keluarga Berencana

6 September 2020   15:16 Diperbarui: 11 Desember 2020   16:54 108 35 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tengah Berencana tapi Bukan tentang Keluarga Berencana
Sumber: Dokumentasi Pribadi


Positioning artinya adalah memposisikan. Bisa berkenaan dengan apa saja yang memang mesti diposisikan, sesuai dimana posisi tersebut seharusnya berada.

Ketika konteksnya adalah tentang how to menempatkan ditempatkan, tentunya memang bisa menempatkan di tempat yang seharusnya, bisa ditempatkan di tempat yang semestinya.

"Positioning meaning something", artinya bisa belajar untuk memahami sedang berada dimana posisinya. Apakah tengah berada di posisi yang "High level quality", atau mungkin "In the middle of somewhere", atau bisa juga sedang berada di posisi "As a newbie in a new situation".

Ibarat sebuah produk, apakah produk tersebut memang produk nomor satu atau bukan, produk unggulan atau bukan, atau bisa jadi sebuah produk baru yang kemasannya dikemas cukup sederhana saja.

Ibarat lainnya adalah ketika tengah memposisikan diri di satu situasi atau keadaan, yang memang baru. Tentu butuh beradaptasi, mengamati, bahkan berspekulasi.

Bukan hanya itu saja, sebab seseorang yang baru yang sedang beradaptasi, terkadang sengaja melakukan serangkaian tes, yang didasari spekulasi yang justru akan jadi satu wujud edukasi.

"Apa hubungannya dengan edukasi?" Nah! Hubungannya adalah bahwa serangkaian tes tersebut berfungsi, sebagai bahan perbandingan, sebagai proses pembelajaran, sebagai perluasan wawasan tentang warna-warni yang terjadi di situasi atau keadaan yang baru tersebut.

"Memancing, agar ada yang terpancing. Sekali waktu sajikan juga sesuatu yang bisa membuat merinding. Bahkan tidak lupa, untuk sekali waktu membuat satu dan lain hal, yang bisa membuat pusing tujuh keliling."

Memang, itu semua adalah bagian dari sebuah konsep. Bagian dari sebuah skema atau rencana yang memang tengah dibangun. Membangun satu dan lain hal yang niatnya adalah sungguh-sungguh.

"Membangun sesuatu itu butuh proses yang tidak lekas beres. Butuh eksperimen, yang berujung semoga saja hasilnya bisa permanen."

"Create something meaningful", tujuannya adalah membuat, berkarya cipta, berkreasi, untuk satu dan lain hal yang tolak ukurnya adalah bukan hanya sebatas seru, tapi lebih dari itu. Bisa menjadi sesuatu yang berarti, bagi siapa saja yang memang mengerti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x